Kesal Diserang Rand Paul, Fauci: Justru Anda yang Berbohong, Senator!

    Willy Haryono - 21 Juli 2021 10:30 WIB
    Kesal Diserang Rand Paul, Fauci: Justru Anda yang Berbohong, Senator!
    Dr Anthony Fauci berdebat hebat dengan Senator Rand Paul di gedung Kongres AS di Washington, 20 Juli 2021. (J. Scott Applewhite / POOL / AFP)



    Washington: Pakar kesehatan ternama Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci, selama ini dikenal sebagai sosok yang berbicara dengan nada "datar" dalam setiap pernyataannya. Namun saat menghadapi senator Rand Paul asal Partai Republik, Fauci mengejutkan semua orang.

    Jajaran anggota kongres AS yang menghadiri sidang dengar pendapat mengenai pandemi Covid-19 terkejut saat Fauci terlibat adu mulut dengan Paul.

     



    Paul menuduh Fauci telah berbohong kepada Kongres pada Mei lalu. Ia mengklaim Fauci membantah bahwa Institut Kesehatan Nasional (NIH) telah menandai riset pengembangan virus di sebuah laboratorium di Wuhan, Tiongkok.

    "Dr Fauci, dengan menyadari bahwa berbohong kepada Kongres adalah sebuah kejahatan, apakah Anda bersedia menarik pernyataan Anda pada 11 Mei lalu yang mengklaim bahwa NIH tidak pernah menandai riset di Wuhan?" seru Paul, dilansir dari laman Guardian, Selasa, 20 Juli 2021.

    Fauci, berbicara dengan logat Brooklyn, langsung merespons: "Senator Paul, saya tidak pernah berbohong kepada Kongres, dan saya tidak akan menarik pernyataan saya."

    Ia mengatakan kepada kongres bahwa riset yang dikutip Paul merupakan studi yang sama sekali tidak terkait dengan kemunculan pandemi Covid-19. "Tulisan yang Anda sebutkan itu sudah dinilai oleh jajaran staf kompeten, dan bukan merupakan tipe gain of function," tegas Fauci. Gain of function merupakan salah satu praktik memperkuat virus untuk menguji dampaknya di dunia nyata.

    Baca:  Fauci Sebut Covid-19 Bisa Saja Berasal dari Lab di Wuhan

    Paul menginterupsi, tapi Fauci balas berkata, "biarkan saya selesai berbicara terlebih dahulu." Paul tak peduli dan terus menunjuk jarinya ke arah wajah Fauci.

    Tak terima terus diserang, Fauci membalas dengan geram: "Senator Paul, Anda tidak tahu apa yang Anda katakan. Anda sebenarya tidak tahu sedang berbicara mengenai apa."

    Adu mulut berlanjut. Kedua pria sama-sama menginterupsi, dan komite kongres berusaha keras mengendalikan situasi.

    Di tengah argumen, Fauci menegaskan bahwa, "jika memang ada orang yang berbohong di ruangan ini, maka itu adalah Anda, senator."

    Sejumlah kritikus menilai Paul sengaja menyerang Fauci untuk memperkuat pandangan audiens sayap kanan, yang menempatkan Fauci sebagai sosok yang bersalah dan bertanggung jawab atas krisis Covid-19 di AS.

    Saat Donald Trump masih berkuasa, Fauci kerap berselisih paham dengan presiden dan basis pendukungnya. Dalam sebuah acara kampanye, sejumlah pendukung Trump pernah menyerukan agar Fauci segera dipecat dan dijebloskan ke penjara.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id