AS Catat 1.480 Kematian akibat Covid-19 dalam Sehari

    Willy Haryono - 04 April 2020 10:27 WIB
    AS Catat 1.480 Kematian akibat Covid-19 dalam Sehari
    Warga mengenakan masker saat berjalan di New York City selama pandemi covid-19. (Foto: AFP/File/Cindy Ord/GETTY)
    Washington: Amerika Serikat mencatat lonjakan 1.480 kematian akibat virus korona (covid-19) dalam kurun waktu sehari hingga Jumat 3 April malam. Tambahan data tersebut menjadikan jumlah korban covid-19 di AS hingga Sabtu 4 April 2020 melampaui 7.100.

    Menurut data terbaru Universitas Johns Hopkins, dikutip dari laman CGTN, total kasus covid-19 di AS kini telah melewati 277 ribu. Sementara pasien sembuhnya jauh lebih banyak dari kematian, yakni 9.823 berbanding 7.152.

    Negara bagian New York masih menjadi episentrum penyebaran covid-19 di AS, dengan lebih dari 100 ribu kasus dan 3.200 kematian.

    Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah mengeluarkan panduan baru, salah satunya meminta semua warga AS mengenakan masker selama pandemi covid-19.

    Namun Trump menegaskan dirinya tidak akan mengenakan masker saat bekerja di Gedung Putih. Trump menyebut panduan CDC tersebut bersifat sukarela.

    "Anda tidak harus melalukannya. Saya memilih untuk tidak melakukannya. Sebagian orang ingin melakukannya, dan itu boleh-boleh saja," ujar Trump.
     
    Saat ditanya mengapa tidak mau mengenakan masker, Trump menjawab: "Saya tidak mau melakukan itu saat sedang duduk di Oval Office, saat sedang duduk di balik meja luar biasa tersebut."

    Sejauh ini, otoritas kesehatan AS mengatakan bahwa hanya orang sakit atau yang merawat pasien covid-19 yang sebaiknya mengenakan masker. Namun sejumlah studi terbaru menunjukkan bahwa menutup wajah juga merupakan hal penting untuk mencegah penularan virus.
     
    "Dari beberapa studi terbaru kita mengetahui bahwa penularan dari individu (pengidap covid-19) tanpa gejala memainkan peran yang lebih signifikan dalam penyebaran virus," tutur Trump.

    Sebelumnya, Trump kembali dinyatakan negatif covid-19 usai menjalani pemeriksaan cepat atau rapid test.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id