Trump Tegaskan Covid-19 Tidak Akan Tunda Pilpres AS

    Willy Haryono - 04 April 2020 16:00 WIB
    Trump Tegaskan Covid-19 Tidak Akan Tunda Pilpres AS
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
    Washington: Presiden Donald Trump mengatakan bahwa pemilihan umum di Amerika Serikat akan tetap berjalan sesuai jadwal semula, yakni 3 November 2020. Pernyataan disampaikan dalam konferensi pers harian di Gedung Putih terkait virus korona (covid-19).

    "Pemilu tetap berlangsung pada 3 November," tegas Trump, seperti dikutip dari laman Bernama, Sabtu 4 April 2020. Ia menekankan kembali kepada awak media di Gedung Putih bahwa Pemerintah AS menangani pandemi covid-19 dengan baik, sehingga tidak akan berpengaruh terhadap pilpres tahun ini.

    Mengenai pilpres, Trump mengaku tidak mau menggunakan skema mengirimkan kertas suara via surat. Ia menilai pilpres di AS harus berjalan seperti pemilihan terdahulu, yakni dilakukan di bilik pemungutan suara.

    Trump hampir dapat dipastikan akan menjadi satu-satunya calon presiden dari Partai Republik. Sementara dari kubu Partai Demokrat, tokoh terdepan saat ini adalah mantan wakil presiden Joe Biden.

    Selama berlangsungnya pandemi covid-19 di AS, Biden beberapa kali mengkritik kebijakan Trump. Salah satu adalah ketika Trump terkesan meremehkan ancaman covid-19, meski sudah diperingatkan otoritas AS sejak awal 2020.

    Biden pernah berkata bahwa jika dirinya saat ini adalah presiden AS, maka ia akan mengerahkan militer untuk memerangi pandemi covid-19.

    Sementara itu berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu ini, total kasus covid-19 di AS telah melampaui 277 ribu dengan 7.157 kematian dan 9.863 pasien sembuh.

    Saat ini AS masih menjadi negara dengan jumlah kasus tertinggi covid-19, virus yang pertama kali muncul di Tiongkok pada akhir Desember 2019.

    Untuk angka kematian akibat covid-19, Italia masih menjadi yang teratas dengan 14.681 korban meninggal.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id