Gempa 7,5 Magnitudo di Pulau Rusia Picu Tsunami

    Marcheilla Ariesta - 25 Maret 2020 12:19 WIB
    Gempa 7,5 Magnitudo di Pulau Rusia Picu Tsunami
    Ilustrasi oleh AFP.
    Kuril: Gempa berkekuatan 7,5 magnitudo menghantam Kepulauan Kuril, Rusia pada Rabu, 25 Maret 2020. Gempa memicu peringatan tsunami meski kemudian dibatalkan.

    Gempa berada pada kedalaman 59 kilometer, sekitar 1.400 kilometer timur laut kota Sapporo Jepang. Tak ada laporan awal mengenai korban akibat gempa ini.

    Dilansir dari The Guardian, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik awalnya mengatakan gelombang tsunami berbahaya mungkin terjadi dalam 1.000 kilometer dari pusat gempa. Mereka mengatakan gempa di masa lalu menyebabkan tsunami yang jauh dari pusat gempa.

    "Gempa bumi ini hanya menghasilkan gelombang tsunami yang sangat kecil dan tidak ada ancaman lebih lanjut," kata mereka.

    "Gelombang tsunami diperkirakan kurang dari 0,3 meter di atas tingkat pasang," imbuh mereka tentang risiko di pantai Hawaii, Jepang, Rusia dan pulau-pulau Pasifik lainnya.

    Pejabat meteorologi di Jepang tidak mengeluarkan peringatan. Meski demikian, mereka mengatakan kemungkinan ada sedikit perubahan pasang surut air.

    Sementara di Hawaii, peringatan waspada tsunami telah dikeluarkan, namun dibatalkan kembali.

    Empat pulau paling selatan dari rantai Kuril, yakni Habomai, Shikotan, Etorofu dan Kunashiri menjadi sengketa Moskow dan Tokyo sejak akhir perang dunia kedua. Sementara itu, Kuril dikenal sebagai wilayah utara di Jepang.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id