KJRI Istanbul Tutup Sementara Layanan Konsuler

    Arpan Rahman - 23 Maret 2020 13:03 WIB
    KJRI Istanbul Tutup Sementara Layanan Konsuler
    Foto udara memperlihatkan salah satu sudut kota Istanbul, Turki. (Foto: AFP)
    Istanbul: Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul, Turki, untuk sementara menutup layanan kekonsuleran dan keimigrasian mulai Senin ini, 23 Maret 2020. Penutupan layanan ini dikecualikan untuk WNI yang berdomisili di Istanbul, namun mereka harus membuat perjanjian terlebih dulu. 

    Langkah KJRI Istanbul merupakan respons terhadap perkembangan pandemi virus korona (covid-19) di Turki dan juga dalam rangka memberikan perlindungan kepada WNI di wilayah kerja KJRI Istanbul. KBRI Ankara juga telah melakukan langkah serupa.

    "Penutupan bertujuan untuk mencegah WNI yang berada jauh dari Istanbul untuk melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan angkutan umum," kata pihak KJRI Istanbul dalam sebuah pernyataan di media sosial resmi, dilansir Medcom.id, Senin 23 Maret 2020.

    KJRI Istanbul menegaskan bahwa pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian kini dilakukan melalui metode berbeda.

    "Untuk permohonan surat keterangan kelahiran, surat keterangan telah melangsungkan pernikahan, atau surat keterangan lainnya dapat diajukan oleh WNI melalui pos atas biaya pemohon dengan menyertakan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan," tambahnya. 

    Pemohon diperkenankan sebelumnya menghubungi KJRI Istanbul di nomor telepon 0212 6748686 atau 0534 4535611 atau email ke istanbul.kjri@go.id.

    Sedangkan permohonan surat izin menikah wajib melampirkan dokumen asli (N1-N5), paspor, akte perceraian atau akte kematian, surat keterangan single dari Nufus) via pos, serta hadir di KJRI Istanbul dengan terlebih dulu membuat janji via telepon atau email untuk proses wawancara.

    Bagi WNI di luar Provinsi Istanbul dan memerlukan layanan perpanjangan atau pembuatan paspor baru RI, agar menyampaikan keperluannya kepada anggota Satgas Perlindungan WNI di Turki yang berada di wilayah kerja KJRI istanbul.

    Nantinya laporan akan ditindaklanjuti anggota satgas terkait pengaturan waktu dan tempat pemberian layanan.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id