Populer Internasional: Kekesalan Sekjen PBB Akibat Vaksin Dikuasai Negara Maju

    Fajar Nugraha - 30 Maret 2021 08:19 WIB
    Populer Internasional: Kekesalan Sekjen PBB Akibat Vaksin Dikuasai Negara Maju
    Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres. Foto: AFP



    New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres kritik negara-negara maju yang menguasai vaksin covid-19. Menurutnya negara maju menumpuk pasokan vaksin.

    Kekesalan Guterres ini menjadi berita terpopuler Internasional Medcom, bersama dengan beberapa berita lainnya.

     



    Kabar lain yang menjadi berita terpopuler antara lain mengenai Taiwan yang akan mengerahkan rudal untuk buru jet Tiongkok.

    Tidak hanya itu, berita mengenai kapal kargo raksasa yang menutupi Terusan Suez akhirnya bisa terbebas sepenuhnya. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom.

    1. Sekjen PBB Kesal Persediaan Vaksin Covid-19 Dikuasai Negara Maju

    Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengkritik negara-negara maju karena menciptakan tumpukan ‘persediaan’ vaksin covid-19. Guterres meminta mereka untuk berbagi dengan seluruh dunia guna membantu mengakhiri pandemi.
     
    "Saya sangat prihatin dengan distribusi vaksin yang sangat tidak adil ini di dunia," kata Guterres dalam wawancara yang disiarkan pada Minggu 28 Maret oleh saluran Kanada CBC, yang dilansir dari AFP, Senin 29 Maret 2021.
     
    "Ini adalah kepentingan semua orang untuk memastikan bahwa sesegera mungkin dan dengan cara yang adil, setiap orang mendapatkan vaksinasi di mana-mana dan bahwa vaksin dianggap sebagai barang publik yang benar-benar global," katanya.

    Seperti apa selengkapnya kritik yang dilontarkan oleh Sekjen Guterres? Simak di tautan ini.

    2. Tak Kerahkan Pesawat Tempur, Taiwan Buru Jet Tiongok dengan Rudal

    Angkatan Udara Taiwan tidak lagi sibuk setiap kali pesawat Tiongkok melanggar zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ). Tetapi Taiwan akan melacak penyusup dengan rudal berbasis darat sebagai gantinya untuk membantu menghemat sumber daya.
     
    Angkatan udara Taiwan telah berulang kali bergegas untuk mencegat jet Tiongkok dalam beberapa bulan terakhir, dan Amerika Serikat pada Juli lalu menyetujui kemungkinan paket peningkatan senilai USD620 juta untuk rudal permukaan-ke-udara Patriot ke Taiwan.
     
    Sebanyak 20 pesawat militer Tiongkok memasuki ADIZ Taiwan Jumat lalu. Ini adalah serangan terbesar yang belum dilaporkan oleh kementerian pertahanan pulau itu, menandai peningkatan ketegangan yang dramatis di Selat Taiwan.

    Bagaimana tindakan dari Taiwan menghadapi ancaman Tiongkok? Selanjutnya di sini.

    3. Kapal Kargo Raksasa Terbebas, Terusan Suez Dibuka Kembali

    Lalu lintas di Terusan Suez dibuka kembali setelah kapal kargo raksasa Ever Given yang tersangkut sejak Selasa pekan kemarin akhirnya terbebas pada Senin, 29 Maret 2021. Sejumlah kapal tongkang membunyikan klakson dalam merayakan terbebasnya Ever Given, kapal dengan panjang 400 meter dan bobot 200 ribu ton.
     
    Peter Berdowski, CEO perusahaan Boskalis, mengatakan bahwa Ever Given kembali mengambang sepenuhnya pada Senin pukul 15.05 waktu setempat.

    Otoritas Mesir mengatakan, ratusan kapal yang mengantre sejak pekan kemarin akan satu per satu melewati Terusan Suez. Diperkirakan antrean kapal tersebut akan dapat diselesaikan sekitar tiga hari ke depan.

    Apa imbas dari tertutupnya Terusan Suez? Selanjutnya di sini.


    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id