Badai Delta Mendarat di Louisiana

    Willy Haryono - 10 Oktober 2020 12:20 WIB
    Badai Delta Mendarat di Louisiana
    Hujan yang dibawa Badai Delta mengguyur Lafayette, Louisiana, AS, 9 Oktober 2020. (Mario Tama/Getty/AFP)
    Louisiana: Badai Delta telah mendarat di Louisiana, Amerika Serikat, saat negara bagian tersebut masih berusaha bangkit dari terjangan angin ribut sebelumnya pada Agustus lalu. Delta merupakan badai yang diberi nama dan mendarat di AS sepanjang tahun ini -- memecahkan rekor jumlah sejak 1916.

    Dikutip dari laman BBC pada Sabtu, 10 Oktober 2020, Delta menghantam Creole, Louisiana, sebagai badai Kategori 2 pada Jumat pukul 18.00 waktu setempat. Kecepatan putaran angin Delta mencapai 155 kilometer per jam.

    Delta melemah menjadi badai Kategori 1 saat bergerak ke daratan Louisiana, yang memicu terjadinya pemadaman aliran listrik ke sejumlah rumah.

    Pusat Badai Nasional AS (NHC) mengingatkan potensi terjadinya "gelombang tinggi membahayakan jiwa" di sepanjang pesisir Louisiana. Gelombang tinggi memungkinkan terjadi karena kencangnya tiupan angin yang dibawa Delta.

    Rabu kemarin, Delta mendarat di dekat Puerto Moreles di pesisir Meksiko. Kedatangan Delta memaksa ribuan warga dan turis mengungsi ke sejumlah tempat penampungan.

    Melintasi Teluk Meksiko, Delta kini bergerak ke arah pusat dan timur laut Louisiana. Nantinya Delta diprediksi memasuki Mississippi utara dan Tennessee Valley pada Sabtu waktu AS.

    "Pelemahan (Delta) secara cepat diperkirakan terjadi Jumat malam hingga Sabtu," lapor NHC. "Delta diprediksi melemah menjadi badai tropis pada Sabtu," sambungnya.

    Sejumlah sekolah dan kantor pemerintahan di Louisiana sudah ditutup menjelang kedatangan Delta. Gubernur Louisiana John Bel Edwards sebelumnya mengatakan bahwa 2.400 personel Garda Nasional sudah dimobilisasi untuk membantu warga.

    Banyak warga Louisiana meninggalkan rumah mereka untuk mencoba menghindari terjangan Delta.

    Sebagian wilayah Louisiana sudah rusak akibat terjangan Badai Laura yang mencapai Kategori 4. Badai dahsyat tersebut melanda Louisiana pada 20 Agustus.

    Lebih dari 6.000 warga Louisiana masih telantar dan hidup di tempat penampungan sementara karena belum bisa memiliki rumah lagi.

    Jalanan di beberapa kota seperti Lake Charles, yang terkena kerusakan parah akibat Laura, masih dipenuhi puing serta serpihan berbagai barang.


    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id