comscore

Ancaman Rusia Invasi Ukraina, Ini Respons Petinggi Amerika Serikat

MetroTV - 26 Januari 2022 22:36 WIB
Ancaman Rusia Invasi Ukraina, Ini Respons Petinggi Amerika Serikat
Tangkapan layar Metro TV
Washington: Selama beberapa pekan, Presiden Rusia Vladimir Putin terus memobilisasi puluhan ribu pasukan di perbatasan negaranya dengan Ukraina. Pengerahan ini lantas membuat Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, khawatir terjadi invasi.

"Rusia akan menanggung risikonya bila menginvasi Ukraina,” tegas Biden dalam pidatonya, sebagaimana dikutip dari tayangan Metro Siang di Metro TV, Rabu, 26 Januari 2022.
Biden mengancam, jika Rusia terus menginvasi Ukraina, maka Sekutu dan mitra AS akan menjatuhkan sanksi. Hukuman tersebut dipastikan bakal memberatkan Rusia dari segi ekonomi.

Menteri Luar Negeri (Menlu) AS di Eropa, Antony Blinken, menyebut isu ini telah berulang kali dibahas oleh Biden. Termasuk, dalam dua kali perbincangan langsungnya dengan Putin pada Desember 2021 lalu. 

Isu ini juga didiplomasikan oleh Menlu AS dalam rangkaian kunjungannya ke Jenewa, Kiev, dan Berlin.

"AS berdiplomasi secara intens dengan Rusia, baik secara langsung maupun lewat dialog dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), juga dengan Dewan NATO-Rusia di Organisasi Kerjasama Keamanan Eropa,” kata Antony.

Baca: Inggris Tak Mengesampingkan Penjatuhan Sanksi Personal terhadap Putin

Dalam diskusi ini, Antony membeberkan bahwa Pemerintah AS menawarkan dua pilihan kepada Rusia, yakni dialog dan diplomasi, atau konfrontasi dan konsekuensi.

Sementara itu, Senator Partai Republik, James Risch, mendesak pemerintah setempat untuk segera menyikapi Rusia dengan tegas. 

“Fokusnya harus pada menghentikan invasi, bukan pada apa yang dilakukan bila invasi terjadi,” ujarnya. (Nurisma Rahmatika)

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id