comscore

Badai Tropis Bonnie Tewaskan 3 Orang di Amerika Tengah

Willy Haryono - 04 Juli 2022 13:28 WIB
Badai Tropis Bonnie Tewaskan 3 Orang di Amerika Tengah
Petugas mengevakuasi anak-anak menjelang kedatangan Badai Tropis Bonnie di Nikaragua, 1 Juli 2022. (OSWALDO RIVAS / AFP)
Managua: Badai Tropis Bonnie menguat menjadi topan kategori satu pada Minggu, 3 Juli, seiring pergerakannya ke arah Meksiko usai menewaskan tiga orang di El Salvador dan Nikaragua.

Bonnie, angin ribut ketiga di musim badai lepas pantai Meksiko, memiliki kecepatan putaran angin hingga 125 kilometer jam.
"Pusat badai Bonnie akan tetap berada di selatan, tapi bergerak secara paralel ke pesisir selatan dan barat daya Meksiko dalam beberapa hari ke depan," ujar Pusat Badai Nasional (NHC), dikutip dari AFP, Senin, 4 Juli 2022.

Sebelum bergerak ke arah Meksiko, Bonnie telah memicu kerusakan properti serta menumbangkan pepohonan di El Salvador dan Nikaragua.

Seorang perempuan berusia 24 tahun meninggal akibat terdampak Bonnie di El Salvador. Sementara di Nikaragua, seorang pria berusia 40 tahun hanyut saat berusaha menyeberangi sungai, dan pria 38 tahun meninggal saat hendak menyelamatkan para penumpang dari sebuah bus.

Tim penyelamat di El Salvador masih mencari satu orang hilang hingga Minggu malam, dan pencarian berlanjut hingga hari Senin ini. "Bonnie membawa hujan yang sangat deras di area pesisir, pegunungan dan wilayah metropolitan San Salvador," ujar keterangan Kementerian Lingkungan Hidup El Salvador.

Presiden El Salvador Nayib Bukele meliburkan semua sekolah pada Senin ini demi menghindari dampak buruk terjangan badai.

Menurut estimasi NHC, Bonnie akan memicu hujan deras di Meksiko selatan yang berisiko mengakibatkan banjir dan longsor. NHC mengimbau kepada semua warga Meksiko selatan untuk selalu mewaspadai risiko terjadinya bencana.

Baca:  Badai Tropis Bonnie Tiba di Nikaragua, Berpotensi Memicu Banjir Bandang

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id