42 Gempa Susulan Guncang Pulau Kreta Yunani

    Willy Haryono - 28 September 2021 13:08 WIB
    42 Gempa Susulan Guncang Pulau Kreta Yunani
    Sebuah rumah hancur terkena guncangan gempa di Arkalochori, Pulau Kreta, Yunani, 27 September 2021. (Costas Metaxakis / AFP)



    Kreta: Rentetan gempa bumi susulan mengguncang Pulau Kreta di Yunani, setelah negara tersebut dilanda guncangan berkekuatan magnitudo 5,8 pada Senin kemarin. Satu hari setelahnya, puluhan gempa susulan melanda area sekitar Kreta.

    Dikutip dari laman Greek City Times, Selasa, 28 September 2021, gempa berkekuatan 5,3 menjadi guncangan susulan ke-42 yang melanda Kreta dalam 24 jam terakhir sejak Senin kemarin.

     



    Warga di kota Iraklio berlarian ke jalan saat merasakan rentetan gempa susulan pada Selasa pagi. Meski kekuatannya relatif rendah di kisaran magnitudo 5, warga tetap merasakan guncangan yang cukup intens dan lama.

    Menurut laporan Institut Geodinamika dari Observatory Nasional Athena, gempa terbaru di Kreta pada pagi ini berkekuatan magnitudo 5,4 dengan lokasi episentrum sekitar 23 kilometer dari Iraklio.

    Senin kemarin, guncangan berkekuatan magnitudo 5,8 di Kreta menewaskan satu orang dan melukai 20 lainnya. Kuatnya guncangan juga merusak sejumlah rumah dan gereja, serta memicu longsoran batu di dekat Iraklio.

    Peter Goodwon, warga Inggris yang sedang bersiap pulang ke negaranya, menuliskan pengalamannya via Twitter usai merasakan gempa pada Senin kemarin. "Baru saja merasakan gempa yang sangat kuat di Kreta!" tulisnya.
     
    Kuatnya guncangan gempa kala itu juga terasa di beberapa wilayah yang cukup jauh, termasuk Analipsi dan Santorini.
     
    Gempa Senin kemarin terjadi sekitar dua pekan usai guncangan magnitudo 4,2 melanda pulau Kos dengan kedalaman mencapai hampir 10 km.

    Baca:  Gempa 5,8 Magnitudo di Yunani Tewaskan Satu Orang

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id