comscore

Minyak Tumpah di Pantai California Akibatkan Ikan dan Burung Mati

Marcheilla Ariesta - 05 Oktober 2021 08:59 WIB
Minyak Tumpah di Pantai California Akibatkan Ikan dan Burung Mati
Tumpahan minyak di lepas pantai California/AFP
California: Minyak tumpah di lepas pantai California terus bertambah. Pantai ditutup, banyak ikan dan burung mati akibat tumpahan minyak tersebut.

Tumpahan itu membuang sekitar 126.000 galon minyak mentah pasca produksi di lepas pantai.
Pihak Kota Huntington Beach mengatakan bahwa tumpahan minyak telah mencemari hingga sejauh 5,8 mil laut yang membentang dari Dermaga Pantai Huntington ke Pantai Newport. Alhasil kondisi ini memaksa dilakukannya penutupan laut dari Dermaga Huntington Beach ke dermaga Sungai Santa Ana.

Awak kapal berlomba melawan badai yang mendekat saat membersihkan minyak yang tumpah ke Samudra Hindia dalam beberapa hari terakhir tersebut. Bocoran minyak berasal dari pipa yang terhubung ke fasilitas lepas pantai milik unit Amplify Energy Group.

CEO Amplify Martyn Willsher mengatakan, ada kemungkinan jangkar kapal menabrak pipa. Sebelumnya, dia mengatakan saluran itu ditutup dan minyak yang tersisa dihilangkan.

Akibat insiden ini, saham perusahaan anjlok 44 persen.

Dilansir dari France24, Selasa, 5 Oktober 2021, puluhan kapal kontainer terdampar di lepas pantai menunggu giliran masuk pelabuhan. 

Namun, penjaga pantai menilai salah satu jangkar bisa saja mengenai pipa lagi. "Menurut penjaga pantai, ada kemungkinan mereka akan mengenai pipa," kaya Kapten Rebecca Ore, salah satu kapten kapal.

Baca juga: KKP Panggil Pertamina, Bahas Tumpahan Minyak di Aceh

Penduduk yang tinggal di lokasi itu mengatakan, mereka mencium adanya bau busuk sejak Jumat lalu. Para penduduk khawatir kurangnya perhatian akan laporan mereka tersebut.

Willsher mengatakan Amplify tidak menerima laporan bau. Namun, Kepala Pemadam Kebakaran Pantai Newport Jeff Boyles mengatakan departemen menerima banyak laporan tentang bau busuk pada Kamis dan Jumat pekan lalu.

"Setelah mendapat laporan, kami menyelidikinya. Para pelaut melaporkan melihat kemilau di lautan pada Jumat malam," seru pejabat setempat.

Para pejabat mengerahkan 625 meter boom pelindung yang membantu menahan dan memperlambat aliran minyak. Sekitar 3.150 galon ditemukan pada Minggu pagi.

Willsher mengatakan perusahaan telah mengidentifikasi area yang bisa menjadi sumber kebocoran, yang akan ditinjau oleh penyelam. Namun, Jaksa Wilayah Orange Todd Spitzer mengatakan, penyelam Amplify tidak boleh mendekati pipa tanpa pengawasan dari penyelidik independen seperti Penjaga Pantai AS.

"Perusahaan seharusnya tidak bertanggung jawab untuk memimpin penyelidikannya sendiri sehubungan dengan ratusan juta dolar kerusakan lingkungan dan ekonomi kita," serunya.

Pantai Huntington memiliki lautan seluas 34 kilometer persegi dan bagian dari garis pantainya tertutup minyak tersebut. Hewan-hewan liar yang berada di sana terancam kehidupannya karena tumpahan minyak tersebut.

Pihak berwenang memperingatkan warga sekitar untuk tidak mendekat ke area pantai karena keracunan yang ditimbulkan oleh tumpahan minyak.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id