Brasil Tuduh Vaksin Covid-19 Rusia Bawa Virus Flu Hidup

    Fajar Nugraha - 29 April 2021 10:34 WIB
    Brasil Tuduh Vaksin Covid-19 Rusia Bawa Virus Flu Hidup
    Brasil sebut vaksin covid-19 Sputnik V membawa virus flu aktif. Foto: AFP





    Mereka menambahkan bahwa ini kemungkinan besar terjadi karena masalah produksi yang disebut "rekombinasi", di mana adenovirus yang dimodifikasi telah mendapatkan kembali gen yang diperlukan untuk mereplikasi saat sedang tumbuh di dalam sel manusia yang direkayasa di laboratorium.


    Regulator Brasil tidak evaluasi

    Rasmussen, seorang ilmuwan peneliti di Canada's Vaccine and Infectious Disease Organization menggambarkan kesalahan tersebut sebagai masalah kontrol kualitas. Bukan masalah yang melekat pada teknologi.

     



    “Jika kumpulan yang digunakan di dunia nyata tercemar, maka bagi kebanyakan orang ini mungkin tidak menjadi masalah besar karena adenovirus umumnya tidak dianggap sebagai patogen manusia yang sangat penting," katanya.

    "Tetapi pada orang yang kekebalannya terganggu mungkin ada tingkat efek samping yang lebih tinggi karena itu, termasuk yang berpotensi serius,” sebut Rasmussen.

    Masalah yang lebih besar, tambahnya, adalah dampak yang tidak menguntungkan pada kepercayaan terhadap vaksin yang menurut sebuah studi di jurnal The Lancet aman dan lebih dari 90 persen efektif.

    “Jika orang tidak yakin bahwa vaksin yang mereka terima sama dengan yang dipelajari dalam uji coba, maka Saya dapat membayangkan bahwa beberapa orang mungkin memiliki keraguan sama sekali untuk mendapatkan vaksin itu," imbuh Rasmussen.

    Hal lain yang tidak diketahui adalah apakah masalah produksi yang menyebabkan vektor adenovirus dapat bereplikasi juga mematikan kode DNA untuk protein lonjakan tersebut. Kondisi itu membuat suntikan tidak efektif sebagai vaksin virus korona.

    Halaman Selanjutnya
    Wakil… …


    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id