Joe Biden akan Perbarui Pendekatan dengan Palestina

    Willy Haryono - 27 Januari 2021 16:03 WIB
    Joe Biden akan Perbarui Pendekatan dengan Palestina
    Bendera Palestina berkibar di markas PBB di New York, AS. (AFP)



    Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengarahkan pemerintahannya untuk segera "memulihkan keterlibatan kredibel AS" dengan Palestina dan juga Israel. Pernyataan disampaikan pelaksana tugas utusan AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Richard Mills.

    "Upaya diplomatik akan meliputi pembaruan hubungan dengan kepemimpinan dan masyarakat Palestina," tutur Mills kepada Dewan Keamanan PBB pada Selasa, 26 Januari.






    Menurut Mills, hubungan dengan Palestina saat AS masih dipimpin Donald Trump cenderung "membeku" dan "mengeras."

    Di bawah Trump, AS membekukan bantuan kemanusiaan untuk Palestina, dan juga menutup misi diplomatik Palestina di Washington DC. Mills mengatakan Biden akan segera membalikkan dua kebijakan Trump tersebut.

    Selain itu, Biden juga akan melanjutkan upaya mendorong Solusi Dua Negara (Two-State Solution) yang merupakan konsensus global terkait solusi terbaik menyelesaikan konflik Palestina-Israel.

    Baca:  Menanti Kepastian Biden Atas Solusi Dua Negara Israel-Palestina

    "Perdamaian tidak dapat dijejalkan begitu saja kepada Israel atau Palestina," kata Mills, dilansir dari laman Bernama pada Rabu, 27 Januari 2021.

    "Kemajuan berkelanjutan (dalam menyelesaikan konflik Palestina-Israel) harus didasarkan pada konsultasi aktif dengan kedua pihak, dan kesuksesannnya tergantung dari persetujuan kedua belah pihak," lanjutnya.

    Ucapan Mills merupakan pernyataan resmi perdana pemerintahan Biden mengenai isu Palestina-Israel. Pendekatan Biden dalam konflik Palestina-Israel bertentangan dengan rencana Trump, yang tidak mendorong Solusi Dua Negara.

    Israel menyambut baik rencana perdamaian Timur Tengah ala Trump, sementara Palestina melontarkan kecaman keras. Palestina menilai rencana perdamaian Trump, atau disebut juga dengan "Perjanjian Abad Ini," jauh lebih menguntungkan Israel.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id