FBI: Tidak Ada Konklusi Pasti Terkait Ledakan Beirut

    Willy Haryono - 14 Oktober 2020 13:02 WIB
    FBI: Tidak Ada Konklusi Pasti Terkait Ledakan Beirut
    Api berkobar dari lokasi ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut, Lebanon pada 4 Agustus 2020. (AFP)
    Washington: Biro Federal Investigasi Amerika Serikat (FBI) mengatakan bahwa tidak ada konklusi pasti mengenai apa penyebab terjadinya ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon, pada 4 Agustus lalu. Ledakan tersebut telah menewaskan sekitar 190 orang dan menimbulkan kerugian hingga miliaran dolar.

    Beberapa agensi lain di AS dan Eropa yang juga turut mengikuti investigasi FBI, meyakini bahwa ledakan di Beirut murni sebuah kecelakaan.

    "Tidak ada konklusi yang berhasil dicapai," kata juru bicara FBI, dilansir dari laman The National pada Rabu, 14 Oktober 2020. Namun ia mengatakan FBI akan tetap berkoordinasi dengan otoritas Lebanon.

    "Pertanyaan lebih lanjut sebaiknya ditanyakan ke otoritas Lebanon sebagai pemimpin investigasi ini," sambungnya.

    Media Lebanon pada Selasa kemarin melaporkan bahwa laporan FBI sudah diberikan kepada seorang hakim. Mengenai pemberitaan media tersebut, FBI menolak berkomentar.

    Dua sumber dari pemerintahan di Washington mengatakan bahwa beberapa agensi AS juga meyakini bahwa ledakan di Beirut, yang melibatkan amonium nitrat dalam jumlah besar, merupakan sebuah kecelakaan.

    Seorang sumber dari sebuah pemerintahan di Eropa mengatakan, beberapa pakar dari Benua Biru juga meyakini bahwa ledakan di Beirut murni kecelakaan.

    Ledakan di pelabuhan Beirut berasal dari 2.750 ton amonium nitrat yang tersimpan di area gudang. Masyarakat Lebanon geram setelah mengetahui amonium nitrat itu tersimpan begitu saja tanpa pengamanan berarti selama bertahun-tahun.

    Pengunduran diri pemerintahan Lebanon gagal meredam aksi protes warga, yang sempat terlibat bentrok dengan aparat kepolisian selama beberapa malam.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id