Kebakaran di Penampungan Tunawisma Picu Evakuasi Gedung Capitol AS

    Fajar Nugraha - 19 Januari 2021 07:33 WIB
    Kebakaran di Penampungan Tunawisma Picu Evakuasi Gedung Capitol AS
    Latihan pelantikan Joe Biden di Gedung Capitol sempat terganggu akibat kebakaran di penampungan tunawisma. Foto: AFP



    Washington: Latihan pelantikan Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba-tiba berakhir setelah pejabat keamanan memerintahkan evakuasi dari Gedung Capitol AS. Polisi Capitol mengunci gedung selama lebih dari satu jam pada Senin (waktu setempat) setelah saksi melaporkan melihat asap membubung di sekitar gedung.

    Belakangan diketahui bahwa kebakaran di sebuah kamp tunawisma yang berjarak kurang dari dua kilometer dari Capitol telah memicu ketakutan pihak keamanan yang menangguhkan gladi bersih pelantikan Biden.






    Mereka yang berkumpul untuk berjalan-jalan, termasuk kelompok militer, diminta menuju ke dalam ruangan menuju lokasi yang aman di dalam kompleks Capitol. Mereka yang terlibat dalam gladi bersih mengatakan petugas keamanan berteriak "ini bukan latihan".

    "Anggota dan staf disarankan untuk berlindung di tempat saat insiden tersebut sedang diselidiki," kata Polisi Capitol, seperti dikutip AAP, Selasa 19 Januari 2021.

    Petugas pemadam kebakaran Washington mengatakan, tenda seorang tunawisma yang terletak di bawah jalan bebas hambatan terbakar dan dengan cepat dipadamkan.

    "Penghuni mengindikasikan dia menggunakan propana, yang mungkin menjadi pemicu laporan 'ledakan'," imbuh pihak pemadam kebakaran.

    Dinas Rahasia AS mengatakan kebakaran itu "tidak menimbulkan ancaman bagi publik".

    Sementara Wanita tunawisma yang menderita luka ringan menolak dibawa ke rumah sakit. Tidak ada orang lain yang terluka dalam insiden itu.

    Kompleks Gedung Capitol dan sekitarnya telah dikunci setelah serangan 6 Januari yang mematikan oleh massa pendukung Presiden Donald Trump.


    Keamanan ditingkatkan

    Pejabat pertahanan AS telah menyatakan keprihatinan tentang potensi serangan orang dalam atau ancaman lain dari anggota militer yang terlibat dalam pengamanan pelantikan Biden pada Rabu.

    Halaman Selanjutnya
    Ini telah mendorong FBI untuk…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id