Biden Wacanakan Konvensi Nasional Demokrat Secara Virtual

    Willy Haryono - 06 April 2020 09:58 WIB
    Biden Wacanakan Konvensi Nasional Demokrat Secara Virtual
    Mantan wapres AS Joe Biden. (Foto: AFP)
    Washington: Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengimbau Partai Demokrat untuk menggelar Konvensi Nasional secara virtual. Biden menilai hal tersebut mungkin diperlukan jika pandemi virus korona (covid-19) belum juga berakhir pada musim panas tahun ini. 

    "Mungkin kami harus menggelar konvensi virtual. Kami mungkin tidak dapat menghadirkan 10, 20, 30 ribu orang di satu lokasi," ujar Biden dalam wawancara program 'This Week' di media ABC, Minggu 5 April.

    Biden menambahkan, metode konvensi Demokrat sepenuhnya akan ditentukan pada level ancaman covid-19 saat acara digelar, yakni pada Agustus mendatang. Ia mengatakan konvensi virtual masih sebatas wacana sejauh ini.

    Komentar Biden terlontar satu hari usai Komite Nasional Demokrat memutuskan menunda konvensi dari jadwal semula di bulan Juli.

    Saat ini Biden memiliki lebih banyak delegasi ketimbang senator Vermont Bernie Sanders dalam memperebutkan nominasi capres Demokrat. Kubu Biden dan juga Sanders sama-sama mendukung keputusan komite yang mengubah jadwal konvensi nasional.

    Demokrat awalnya memilih pertengahan Juli sebagai jadwal konvensi nasional sebelum penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas di Tokyo. Namun karena olimpiade ditunda satu tahun karena pandemi covid-19, Demokrat memiliki opsi lain untuk menentukan jadwal konvensi.

    Konvensi Nasional Demokrat kini akan berlangsung satu pekan sebelum konvensi Partai Republik di Charlotte, North Carolina.

    Sesuai aturan konvensi nasional di AS, delegasi harus hadir di lokasi untuk memilih seorang kandidat. Namun jika nantinya konvensi berlangsung virtual, maka aturan tersebut perlu diubah agar para delegasi dapat menggunakan suara mereka untuk memilih kandidat secara digital.

    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, AS masih menjadi negara dengan jumlah kasus tertinggi covid-19 di angka 337.310 dengan 9.634 kematian dan 17.461 pasien sembuh.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id