Ratusan Pedemo Bakar Gedung Kongres Guatemala

    Willy Haryono - 22 November 2020 07:55 WIB
    Ratusan Pedemo Bakar Gedung Kongres Guatemala
    Ilustrasi kebakaran. (Foto: Medcom.id)
    Guatemala City: Ratusan demonstran anti-pemerintah di Guatemala merusak dan membakar beberapa bagian gedung Kongres pada Sabtu, 21 November. Gedung Kongres di Guatemala City itu sedang kosong saat terjadinya serangan, yang berlangsung sekitar 10 menit.

    Dinas Pemadam Kebakaran Guatemala berhasil memadamkan api di gedung Kongres, namun skala kerusakan belum dapat dipastikan.

    Dikutip dari laman BBC pada Minggu, 22 November 2020, para pengunjuk rasa menentang rencana anggaran belanja negara yang sudah disepakati Kongres pada Rabu malam. Mereka juga ingin agar Presiden Alejandro Giammattei segera mundur dari jabatannya.

    Kubu oposisi mengatakan bahwa rancangan anggaran belanja negara Guatemala untuk 2021 lebih memprioritaskan proyek-proyek infrastruktur besar yang akan digarap sejumlah perusahaan yang memiliki koneksi dengan pemerintah.

    Oposisi menilai rancangan anggaran belanja tersebut cenderung mengabaikan dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan pandemi virus korona (covid-19).

    Tidak hanya itu, oposisi juga menilai seharusnya anggaran belanja diprioritaskan pada pemulihan ekonomi usai Guatemala diterjang dua badai besar, Eta dan Iota.

    Jumat kemarin, Wakil Presiden Guillermo Castillo juga menentang rancangan anggaran belanja negara. Ia menyarankan agar dirinya dan juga Giammattei mengundurkan diri "demi kebaikan negara ini."

    Baca:  Badai Iota Tewaskan 8 Orang di Amerika Tengah

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id