Bom PD II Meledak saat Coba Dijinakkan di Polandia

    Willy Haryono - 14 Oktober 2020 08:08 WIB
    Bom PD II Meledak saat Coba Dijinakkan di Polandia
    Efek dari ledakan bom era Perang Dunia II di Polandia pada Selasa, 13 Oktober 2020. (AFP/Polish Navy - 8th Coastal Defence Flotilla)
    Warsawa: Bom aktif terbesar era Perang Dunia II yang ditemukan di Polandia, meledak dalam upaya penjinakan. Bom yang berada di dasar kanal pelayaran di Laut Baltik itu meledak saat hendak dijinakkan oleh tim penyelam.

    Dikutip dari laman BBC pada Selasa, 13 Oktober 2020, sekitar 750 warga di dekat kota pelabuhan Swinoujscie telah dievakuasi sebelum proses penjinakan. Meski meledak, tidak ada satu pun penyelam yang terluka.

    Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) menjatuhkan Tallboy atau bom "gempa bumi" dalam sebuah penyerbuan di tahun 1945. Penyerbuan tersebut berhasil menenggelamkan kapal milik Jerman, Lutzow.

    Swinoujscie merupakan bagian dari Jerman, dan disebut Swinemunde saat penyerbuan Inggris berlangsung.

    Guncangan dari meledaknya bom era PD II di Polandia dikabarkan terasa di sejumlah wilayah Swinoujscie. Sebuah video memperlihatkan efek ledakan yang menyemburkan air dalam jumlah besar ke udara.

    Tallboy yang ditemukan di Polandia memiliki panjang 6 meter dengan berat 5,4 ton. Hampir separuh dari total bagian bom tersebut berisi bahan peledak.

    Bom itu berada di kedalaman 12 meter, dan hanya bagian moncongnya yang terlihat oleh tim penyelam. Angkatan Laut Polandia menggunakan alat peledak jarak jauh untuk mencoba membakar bahan peledak dari bom tanpa melibatkan ledakan.

    "Tapi proses ini ternyata berujung pada ledakan. Objek tersebut kini sudah dianggap sudah berhasil dinetralisasi, dan sudah bukan sebuah ancaman bagi rute pelayaran Szczecin-Swinoujscie," kata Grzegorz Lewandowski dari AL Polandia.

    "Semua penyelam berada di luar zona bahaya (saat ledakan terjadi)," sambungnya.

    Baca:  Dua Petugas Pembersih Bom PD II Tewas Terkena Ledakan

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id