Macron Tegaskan Presiden Belarusia Harus Mundur

    Willy Haryono - 27 September 2020 20:04 WIB
    Macron Tegaskan Presiden Belarusia Harus Mundur
    Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Ludovic Marin/POOL/AFP)
    Paris: Presiden Prancis Emmanuel Macron menegaskan bahwa Presiden Belarusia Alexander Lukashenko harus mundur dari jabatannya. Pernyataan disampaikan Macron usai Uni Eropa menolak mengakui Lukashenko sebagai pemimpin sah Belarusia.

    "Sudah jelas dia harus mundur," kata Macron kepada media Journal du Dimanche menjelang kunjungannya ke Lithuania dan Latvia, dua negara yang berbatasan dengan Belarusia.

    "(Situasi di Belarusia) ini adalah krisis kekuasaan, sebuah kekuasaan otoriter yang tidak dapat menerima logika demokrasi dan hanya bisa bertahan dengan kekuatan. Sudah jelas Lukashenko harus pergi," sambungnya, dilansir dari laman France 24, Minggu 27 September 2020.

    Puluhan ribu orang terus berunjuk rasa di Belarusia sejak berakhirnya pemilihan umum pada 9 Agustus lalu. Mereka menilai Lukashenko berbuat curang dalam pilpres bulan lalu, yang menempatkan dirinya meraih 80 persen suara.

    Lukashenko membantah adanya kecurangan, dan menegaskan bahwa hasil pilpres adalah suara rakyat. Belum lama ini, Lukashenko memicu kemarahan demonstran karena mengambil sumpah jabatan presiden secara diam-diam.

    Aksi protes di Belarusia direspons Lukashenko dengan tindakan represif oleh kepolisian. Beberapa demonstran tewas dalam bentrokan dengan polisi Belarusia di awal-awal unjuk rasa.

    Meski sudah ada korban jiwa, aksi protes tetap berlanjut. Macron pun kagum atas "keberanian para pedemo."

    "Mereka tahu risiko saat berunjuk rasa setiap akhir pekan, tapi mereka terus mendorong gerakan ini untuk menghidupkan demokrasi yang sudah tertekan begitu lama di negara tersebut," kata Macron.

    "Pedemo perempuan, yang berunjuk rasa setiap hari Sabtu, layak mendapat penghormatan dari kami," lanjutnya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id