comscore

Zelensky Minta Bantuan Keuangan Hingga Rp74 Triliun dari NATO

Marcheilla Ariesta - 01 Juli 2022 13:34 WIB
Zelensky Minta Bantuan Keuangan Hingga Rp74 Triliun dari NATO
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta bantuan keuangan dari NATO./AFP
Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendesak bantuan keuangan dari negara Barat. Permintaan Zelensky disampaikan dalam sebuah pesan video yang disiarkan di pertemuan KTT-NATO pada Rabu lalu. 

Zelensky menuturkan, jika Kiev kalah dalam perang dengan Rusia, maka imbasnya akan mengakibatkan perang tertunda antara Moskow dengan seluruh negara Barat. 
"Baik itu bantuan mendesak ke Ukraina yang cukup untuk kemenangan, atau perang yang tertunda antara Rusia dan kalian (Barat)," ucap Zelensky, dikutip dari Russian Today, Jumat, 1 Juli 2022. 

Pertemuan tingkat tinggi tersebut digelar secara tatap muka di Madrid, Spanyol dan dihadiri oleh para delegasi dari negara-negara anggota aliansi. 

Menghindari kekalahan Ukraina, kata Zelensky, negara-negara Barat dan anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara tersebut harus semakin meningkatkan dukungannya terhadap Ukraina demi keamanan Eropa. 

Dukungan yang dimaksud oleh Zelensky, yaitu mencakup pemberian bantuan militer dan dana bantuan keuangan. Dalam pertemuan tersebut, Zelensky menyatakan, Ukraina membutuhkan dana bantuan sekitar USD5 miliar (Rp74 triliun) per bulan untuk menutupi defisit anggaran negaranya. 

Baca juga: 17 Tewas dalam Serangan Udara Rusia di Apartemen Ukraina

"Bantuan keuangan untuk Ukraina tidak kalah pentingnya dengan pengiriman senjata," kata Zelensky. 

"Kami membutuhkan sekitar USD5 miliar setiap bulan, kalian tahu itu. Dan ini adalah hal mendasar, dibutuhkan untuk pertahanan dan perlindungan," sambung dia. 

Zelensky menegaskan, setelah konflik Rusia-Ukraina berakhir, negaranya harus diberikan tempat yang layak dalam lingkup jaminan keamanan NATO. Ia menolak posisi Ukraina untuk tetap berada di zona abu-abu - yang belum jelas apakah negaranya termasuk dalam blok NATO atau tidak. 

"Kami membutuhkan jaminan keamanan, dan kalian harus menemukan tempat bagi Ukraina di ruang keamanan bersama," pungkasnya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id