comscore

CDC Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6 Bulan

Willy Haryono - 19 Juni 2022 09:32 WIB
CDC Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6 Bulan
Direktur CDC Dr Rochelle Walensky. (JOE RAEDLE / Getty AFP)
Washington: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan vaksin Covid-19 untuk bayi, balita dan anak-anak prasekolah -- kelompok terakhir yang sejauh ini belum divaksinasi.

Kepala CDC Dr Rochelle Walensky mengumumkan keputusan tersebut beberapa jam usai sebuah panel penasihat menyepakati secara bulat bahwa vaksin Covid-19 bisa diberikan kepada anak usia dini, dengan yang termuda di umur 6 bulan.
"Kami tahu jutaan orang tua dan pengasuh sangat ingin memvaksinasi anak-anak mereka. Lewat keputusan ini, mereka bisa melakukannya," kata Walensky, dikutip dari Los Angeles Times, Sabtu, 18 Juni 2022.

Sebelum pernyataan Walensky, para penasihat CDC merekomendasikan vaksin Covid-19 buatan Moderna dan Pfizer untuk diberikan kepada anak usia dini dalam upaya memberikan perlindungan dari kemungkinan rawat inap dan komplikasi lainnya.

"Kami telah mengambil sebuah langkah besar hari ini," tutur Dr Oliver Brooks, salah satu anggota Komite Penasihat Praktik Imunisasi CDC.

Meski Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sudah merekomendasikan vaksin Covid-19 untuk anak usia dini, keputusan terakhir berada di tangan CDC. Lewat keputusan terbaru ini, otoritas kesehatan AS bersiap memvaksinasi anak usia dini paling cepat pekan depan.

Baca:  FDA: Vaksin Covid-19 Pfizer Terlihat Efektif untuk Balita

Sekitar 18 juta anak usia dini di AS telah memenuhi syarat untuk menerima vaksin Covid-19. Namun angka sebenarnya yang nanti divaksinasi belum dapat dipastikan.

Kurang dari sepertiga anak usia 5 sampai 11 tahun di AS telah menerima vaksin Covid-19 sejak skema vaksinasi bagi mereka mulai dibuka pada November 2021.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id