Kasus dan Kematian Covid-19 Global Lampaui Tiongkok

    Willy Haryono - 16 Maret 2020 09:44 WIB
    Kasus dan Kematian Covid-19 Global Lampaui Tiongkok
    Warga Italia beramai-ramai mengenakan masker dan berbelanja kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi korona di Milan, 11 Maret 2020. (Foto: AFP/MIGUEL MEDINA)
    Maryland: Jumlah kasus dan kematian gabungan akibat virus corona covid-19 di luar Tiongkok telah melampaui negara tersebut untuk kali pertama sejak akhir Desember 2019. Ini terjadi di tengah tren penurunan kasus covid-19 di Tiongkok dan lonjakan infeksi di benua Eropa.

    Menurut situs pemantau milik universitas Johns Hopkins di Maryland, gabungan kasus covid-19 di level global di luar Tiongkok telah melampaui 86 ribu. Sementara jumlah kasus covid-19 di Tiongkok per hari ini, Senin 16 Maret 2020, berada di angka 80.860.

    Masih dari data Johns Hopkins, angka kematian akibat covid-19 di luar Tiongkok kini telah melewati 3.241, sedangkan di daratan utama Negeri Tirai Bambu 3.208 (tidak termasuk empat di Hong Kong dan satu di Taiwan).

    Sebuah grafik di situs Johns Hopkins CSSE memperlihatkan lonjakan drastis kasus covid-19 di luar Tiongkok. Sudut kurva dalam grafik itu memperlihatkan lonjakan kasus di luar Tiongkok jauh lebih tajam dibanding saat awal wabah di negara tersebut.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi bahwa tren penurunan kasus korona terjadi di Tiongkok. WHO menyebut kini Eropa telah menjadi pusat pandemi covid-19, dengan Italia sebagai negara yang mengalami dampak terparah.

    Hingga Senin ini, jumlah kasus covid-19 di Italia telah melampaui 24 ribu dengan 1.809 kematian. Sementara jumlah pasien sembuh di negara tersebut mencapai 2.335.

    Italia dan Spanyol telah melakukan penutupan total (lockdown) berskala nasional. Beberapa negara lain di Eropa telah melakukan penutupan parsial, seperti menghentikan semua aktivitas belajar mengajar di sekolah dan di ruang publik non-esensial.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id