Emmanuel Macron Tunjuk PM Baru Prancis

    Willy Haryono - 04 Juli 2020 09:27 WIB
    Emmanuel Macron Tunjuk PM Baru Prancis
    Jean Castex ditunjuk menjadi PM baru Prancis pada Jumat 3 Juli 2020. (Foto: Gonzalo Fuentes/AFP/Getty)
    Paris: Jean Castex, pejabat berusia 55 tahun, ditunjuk Presiden Prancis Emmanuel Macron sebagai pengganti Perdana Menteri Edouard Philippe pada Jumat 3 Juli. Dikutip dari laman Xinhua, penunjukan Castex dilakukan di hari yang sama dengan pengunduran diri Philippe dan beberapa menteri lainnya.

    Castex, seorang politikus kubu Republik dan penasihat mantan Presiden Nicolas Sarkozy, pernah ditugaskan Macron untuk mengawasi pelonggaran penguncian wilayah (lockdown) terkait virus korona (covid-19) pada April lalu.

    Media lokal mendeskripsikan Castex sebagai sosok yang "terbiasa menangani hal-hal kompleks serta mahir dalam kemampuan interpersonal." Beberapa media Prancis juga menyebut Castex sebagai sebuah "pisau Swiss" atas efisiensinya dalam bekerja.

    PM baru Prancis ini belum pernah menjadi menteri apapun. Namun hal tersebut merupakan praktik umum di pemerintahan Macron, yang juga telah menunjukkan beberapa politisi kurang dikenal untuk menduduki pos menteri.

    Sebelum mengundurkan diri, Philippe telah dinyatakan menang dalam pemilihan umum kepala daerah untuk kota Le Havre. Usai pengunduran diri Philippe dan penunjukan Castex, perombakan kabinet lebih lanjut diperkirakan akan berlangsung dalam waktu dekat.

    "Fase baru meliputi tujuan-tujuan terbaru dalam hal kemerdekaan, rekonstruksi, rekonsiliasi, dan metode. Di balik itu, akan ada tim baru," kata Macron dalam sebuah wawancara pada Kamis kemarin.

    Dalam sejarah perpolitikan di Prancis, biasanya seorang presiden mengganti PM setelah lima tahun berkuasa di pemerintahan.

    Le Republiqe en Marche (LREM), partai yang dibentuk Macron pada 2016, gagal dalam pilkada pada akhir pekan kemarin. LREM bahkan tidak bisa mendapatkan satu posisi pun di jajaran kota-kota besar di Prancis.

    Sebuah survei yang dilakukan Odoxa pada Kamis kemarin menunjukkan bahwa 75 persen warga Prancis menilai Macron harus segera mengganti berbagai kebijakannya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id