Seniman Indonesia Gelar Pameran dan Melukis Langsung di Tengah Kota Basel

    Willy Haryono - 25 September 2021 08:06 WIB
    Seniman Indonesia Gelar Pameran dan Melukis Langsung di Tengah Kota Basel
    Eddie Hara melukis secara langsung di tengah kota Basel, Swiss. (Kemenlu RI)



    Basel: Eddie Hara, seorang seniman asal Indonesia yang telah menetap di Swiss selama lebih dari 20 tahun, berkesempatan untuk melukis secara langsung (live painting) di kota Basel dan disaksikan masyarakat sekitar pada 21-23 September. Karya Eddie tersebar sepanjang 2,4 kilometer di kota Basel.

    Live painting ini disponsori Ramstein Optik, sebuah perusahaan optik yang berdiri sejak tahun 1899 di Basel. Selama tiga hari berturut-turut, Eddie Hara menunjukkan kepiawaiannya dalam melukis di tiga alun-alun kota Basel.

     



    Selama ini, Eddie Hara dikenal di Asia dan Eropa melalui karyanya yang unik. "Ada unsur surrealism ya, karena karya saya juga menceritakan sedikit unsur fantasi," jelas Eddie, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Jumat, 24 September 2021.

    Setelah menempuh pendidikan seni di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Akademie voor Beeldende Kunst Enschede (AKI), Belanda, Eddie telah mengadakan berbagai pameran tunggal dan kelompok di Kuba, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Belanda, Tiongkok, Amerika Serikat, Singapura dan Swiss.

    Karya-karyanya yang beraliran kontemporer telah dipajang di berbagai galeri terkenal mancanegara, seperti Singapore Art Museum, Museum der Kulturen Basel, serta yayasan swasta, perusahaan dan galeri di Indonesia dan di seluruh dunia.

    Duta Besar Indonesian untuk Swiss, Muliaman Hadad, menyampaikan apresiasi dan kebanggaan terhadap Eddie Hara ketika menyaksikan live painting di Basel. "Bapak Eddie Hara merupakan seniman yang dikenal di Indonesia, beliau adalah kebanggaan Indonesia, terima kasih sudah menerima karya beliau di hati masyarakat Swiss," ucap Dubes Muliaman.

    Eddie Hara menggelar pameran tunggal, menunjukkan 55 karya lukisan khasnya yang penuh warna dan karakter fiksi di sepanjang kota Basel, dari Aeschenplatz, Barfüsserplatz dan Marktplatz, di atas jembatan Mittlere dan dilanjutkan sampai Claraplatz dan berakhir di Messe Basel. Karya Eddie juga dipajang di etalase luar Ramstein Optik khusus untuk karya yang berukuran kecil.

    Baca:  Eddie Hara, 'Punk Uncle' Seni Kontemporer Indonesia

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id