Turki Selamatkan 35 Pencari Suaka di Laut Aegea

    Willy Haryono - 12 Juni 2021 20:03 WIB
    Turki Selamatkan 35 Pencari Suaka di Laut Aegea
    Sejumlah imigran menaiki perahu karet untuk bertolak dari Turki menuju Yunani via Laut Aegea pada 28 Februari 2016. (BULENT KILIC / AFP)



    Ankara: Penjaga Pantai Turki menyelamatkan 35 pencari suaka di Laut Aegea pada Jumat kemarin. Penyelamatan dilakukan usai puluhan pencari suaka didorong otoritas Yunani ke laut lepas.

    Ini merupakan peristiwa yang terus terulang, di mana otoritas Yunani mendorong sejumlah pencari suaka untuk kemudian diselamatkan oleh Penjaga Pantai Turki.

     



    Dilansir dari laman Yeni Safak pada Sabtu, 12 Juni 2021, Penjaga Pantai Turki bergerak menyelamatkan 12 pencari suaka yang menaiki sebuah perahu karet di lepas pantai Dikili, provinsi Izmir.

    Informasi mengenai adanya 12 pencari suaka yang terombang-ambing di laut lepas disampaikan sumber anonim kepada Penjaga Pantai Turki.

    Dalam sebuah operasi terpisah, otoritas Turki menyelamatkan tambahan 23 pencari suaka yang juga menaiki sebuah perahu karet. Mereka semua telah dibawa ke daratan, dan setelah pemeriksaan rutin, diserahkan ke otoritas keimigrasian.

    Turki berulang kali mengecam praktik ilegal Yunani yang mendorong pencari suaka ke laut lepas. Turki menegaskan praktik semacam itu melanggar nilai-nilai kemanusiaan dan membahayakan keselamatan pencari suaka, termasuk perempuan dan anak-anak.

    Selama ini Turki menjadi sebuah titik transit bagi para pencari suaka yang hendak menyeberang ke Eropa untuk memulai hidup baru. Sebagian besar pencari suaka adalah mereka yang melarikan diri dari negara sarat konflik dan persekusi.

    April lalu, Turki menyelamatkan 250 pencari suaka di Laut Aegea. Ratusan pencari suaka itu terombang-ambing usai didorong otoritas Yunani.

    Baca:  Turki Selamatkan 250 Pencari Suaka di Laut Aegea

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id