116 Negara Dukung Penyelidikan Independen Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 18 Mei 2020 18:48 WIB
    116 Negara Dukung Penyelidikan Independen Covid-19
    Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt (kanan). (Foto: AFP).
    Jenewa: Lebih dari 100 negara mendukung resolusi yang menyerukan penyelidikan independen terhadap virus korona (covid-19). Negara-negara tersebut termasuk Indonesia, Uni Eropa, dan 50 negara Afrika.

    Dukungan internasional ini disampaikan pihak Australia jelang pertemuan Majelis Kesehatan Dunia (WHA). Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt, mengatakan mosi tersebut diharapkan akan segera disahkan di majelis pada Selasa besok.

    Sebanyak 116 negara kini telah mendaftar sebagai co-sponsor rancangan mosi yang menyerukan penyelidikan. Indonesia, Inggris, Kanada, India, Jepang, Selandia Baru, dan Rusia disebut telah menunjukkan dukungannya.

    Gerakan ini tidak melibatkan Tiongkok dan menimbulkan kemarahan di sana. Beijing mengancam akan ada tindakan balasan ekonomi terhadap Australia, negara pertama yang mendorong adanya penyelidikan ini.

    "Publik Tiongkok frustasi, kecewa dengan apa yang dilakukan Australia sekarang," kata Duta Besar Tiongkok untuk Australia Cheng Jingye, dilansir dari Aljazeera, Senin 18 Mei 2020.

    Cheng mengisyaratkan ada kemungkinan boikot perdagangan. Ini sudah ditunjukkan dengan Beijing menangguhkan impor dari empat pemasok daging sapi Australia.

    Mereka juga mengancam aliran mahasiswa Tiongkok ke universitas-universitas Australia.

    Negeri Kanguru sejak bulan lalu menyerukan untuk mengadakan penyelidikan independen atas pandemi ini. Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan negara di seluruh dunia perlu mengetahui asal-usul virus, mengenai pendekatan untuk menghadapinya dan mengatasi keterbukaan dengan informasi yang dibagikan.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id