comscore

Tersangka Serangan Panah Ditangkap, Polisi Sebut Ada Kemungkinan Terorisme

Fajar Nugraha - 14 Oktober 2021 15:47 WIB
Tersangka Serangan Panah Ditangkap, Polisi Sebut Ada Kemungkinan Terorisme
Panah yang digunakan pelaku penyerangan tampak masih tertancap. Foto: AFP
Oslo: Seorang pria Denmark berusia 37 tahun sedang diinterogasi oleh polisi Norwegia pada Kamis 14 Oktober 2021. Pria itu diinterogasi terkait dengan pembunuhan menggunakan busur dan anak panah yang menewaskan lima orang.

Pria yang menjadi tersangka utama dicari karena membunuh lima orang dengan busur dan anak panah dalam serangan paling mematikan di negara itu dalam satu dekade.
Baca: Serangan Busur dan Anak Panah di Norwegia Tewaskan 5 Orang.

Polisi sejauh ini menolak untuk mengesampingkan terorisme dan tidak merilis informasi tentang kemungkinan motif setelah serangan mematikan di kota tenggara Kongsberg pada Rabu.

Dalam rincian yang masih samar, lima orang tewas dan dua terluka di beberapa lokasi di pusat kota, mengejutkan Norwegia yang biasanya tenang di mana pembunuhan jarang terjadi. Tersangka diduga beraksi seorang diri.

Itu adalah serangan paling mematikan di negara Skandinavia sejak ekstremis sayap kanan Anders Behring Breivik menewaskan 77 orang pada 2011. Sejak itu, Norwegia telah melihat satu serangan sayap kanan lainnya, yang dilakukan oleh neo-Nazi yang memproklamirkan diri yang melepaskan tembakan ke sebuah masjid.

Setelah serangan Rabu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan di Twitter bahwa dia "terkejut dan sedih dengan berita tragis yang datang dari Norwegia."

Polisi Rabu malam mengidentifikasi tersangka sebagai warga negara Denmark berusia 37 tahun yang tinggal di Kongsberg, sebuah kota kecil berpenduduk sekitar 25.000 jiwa, 80 kilometer sebelah barat Oslo.

"Kami memutuskan untuk mengonfirmasi informasi ini karena banyak desas-desus yang beredar di jejaring sosial tentang pelaku serangan, beberapa (melibatkan) orang yang tidak memiliki hubungan dengan tindakan serius ini," kata polisi, seperti dikutip AFP.

Pihak pengacara mengatakan, tersangka diinterogasi oleh penyelidik semalam dan akan diadili di hadapan hakim pada Kamis atau Jumat untuk sidang.

"Dia menjelaskan secara rinci dan dia berbicara dan bekerja sama dengan polisi," kata pengacara Fredrik Neumann kepada wartawan sebelumnya.

Polisi pertama kali menerima kabar tentang serangan di Kota Kongsberg, barat daya ibu kota Oslo Rabu 13 Oktober 2021, sekitar pukul 18.13 waktu setempat.

Penyerang dikatakan telah melancarkan aksinya di dalam supermarket Coop Extra di sisi barat Kongsberg. Salah satu dari mereka yang terluka adalah seorang petugas polisi yang sedang tidak bertugas yang berada di toko pada saat itu.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id