comscore

WHO: Omicron Membuat Strategi 'Nol Covid' Tiongkok Tidak Berkelanjutan

Willy Haryono - 18 Mei 2022 14:52 WIB
WHO: Omicron Membuat Strategi Nol Covid Tiongkok Tidak Berkelanjutan
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (AFP)
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa pendekatan ekstrem Tiongkok dalam menangani penyebaran covid-19 merupakan sesuatu yang "tidak berkelanjutan" karena Omicron adalah varian yang sangat menular di tenagh masyarakat. Kendati begitu, WHO menyerahkan sepenuhnya penanganan covid-19 kepada masing-masing negara.

Dalam sebuah konferensi pers, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mendeskripsikan strategi "nol covid" Tiongkok sebagai sesuatu yang "tidak berkelanjutan." Pekan kemarin, pernyataan serupa telah memicu kritik tajam dari Tiongkok.
"Kita sudah lebih memahami virus ini, dan sudah memiliki alat yang lebih baik, termasuk vaksin. Itulah mengapa penanganan virus ini haruslah berbeda dari apa yang kita lakukan di fase awal pandemi," sebut Tedros, dilansir dari stuff.co.nz, Rabu, 18 Mei 2022.

Ia mengatakan covid-19 sudah berubah signifikan sejak pertama kali teridentifikasi di kota Wuhan pada akhir 2019, di saat Tiongkok membendung penyebarannya dengan menerapkan penguncian (lockdown) ketat.

Tedros mengatakan bahwa WHO berulang kali mengimbau Tiongkok mengenai strategi penanganan covid-19. "Pemilihan kebijakan tergantung dari pilihan masing-masing negara," ucap Tedros.

Implementasi strategi "nol covid" Tiongkok, termasuk di kota Shanghai, memicu penentangan warga yang mengeluhkan panjangnya durasi serta minimnya pasokan makanan. Sebagian warga Shanghai mengaku sudah terkena lockdown super ketat selama enam pekan.

Kepala Urusan Darurat WHO, Dr Michael Ryan, mengatakan pihaknya mengetahui bahwa Tiongkok sedang menghadapi situasi sulit terkait covid-19. Ia pun mendorong Tiongkok untuk sebisa mungkin menekan angka kematian.

"Kami memahami bahwa respons awal Tiongkok adalah menekan infeksi ke level maksimal, tapi strategi itu tidak berkelanjutan, dan elemen-elemen respons strategis harus diperkuat," kata Ryan.

Ia menambahkan, upaya vaksinasi harus dilakukan oleh Tiongkok, dan kembali menekankan bahwa "strategi penekanan bukanlah cara berkelanjutan dalam upaya keluarga dari pandemi di negara mana pun."

Baca:  Shanghai Klaim Capai Target 'Nol Covid'

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id