Menlu Inggris Kunjungi Indonesia Pekan Ini, Bahas Covid-19 Hingga Isu Kawasan

    Surya Perkasa - 07 April 2021 01:04 WIB
    Menlu Inggris Kunjungi Indonesia Pekan Ini, Bahas Covid-19 Hingga Isu Kawasan
    Menlu Inggris Dominic Raab. AFP/Niklas Hallen/Getty



    Jakarta: Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Dominic Raab mengunjungi Indonesia dan Brunei-Darussalam pada 7-9 April 2021. Sejumlah isu akan menjadi pembahasan Raab dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menlu Retno Marsudi.

    Berdasarkan keterangan pers yang Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris untuk Indonesia, kunjungan Raab ini untuk menjalin hubungan bilateral yang lebih erat dengan Indonesia. Terutama untuk sejumlah tantangan global seperti pandemi covid-19, perubahan iklim, hingga kudeta di Myanmar.






    "Mereka akan membahas berbagai kerjasama bilateral, serta isu-isu regional dan internasional," tulis keterangan Kedubes Inggris yang diterima Medcom.id, Selasa, 6 April 2021.

    Beberapa isu lain yang bakal dibahas ialah pemulihan dari dampak pandemi secara ramah lingkungan, tangguh, dan inklusif; serta kerja sama penegakan aturan berdasarkan sistem internasional. Raab juga akan membahas ekonomi dan perdagangan bilateral Inggris-Indonesia.

    "Perdagangan antara Inggris dan Indonesia yang saat ini bernilai 2,7 miliar poundsterling per tahun (setara Rp53,8 triliun,kurs 1 poundsterling=Rp19.950)," lanjut keterangan tersebut.

    Baca: Oleh Inggris, Indonesia Disebut Negara Super Power Menanggulangi Perubahan Iklim

    Raab juga bakal membahas permasalahan perdamaian dan keamanan, lingkungan, serta kerja sama internasional dan keamanan siber. Selain itu, Menlu Inggris juga akan bertemu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

    Pertemuan tersebut bakal membahas kesiapsiagaan pandemi covid-19 dan kerja sama bilateral bidang kesehatan, termasuk dalam bidang telemedicine. Raab juga bakal berdiskusi dengan Budi seputar penelitian melalui pendanaan pemerintah Inggris, Newton Fund, serta sekuensing genom melalui pendanaan Inggris, Fleming Fund.

    Raab juga mengagendakan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi yang berkantor di Jakarta. Inggris berusaha mempererat hubungan dengan organisasi yang teramat penting di kawasan ini.

    "Kunjungan Menlu Raab merupakan indikasi awal dari keinginan Inggris untuk meningkatkan hubungan, memperkuat, dan memperdalam hubungan di kawasan ini," terang Kedubes Inggris untuk Indonesia.

    Kunjungan ke Indonesia ini merupakan kedatangan keempat Dominic Raab ke Asia Tenggara sebagai Menteri Luar Negeri. Kunjungan ini pertama dilakukan setelah ia menerbitkan “Integrated Review” atau Tinjauan Terpadu pada 16 Maret 2021. Laporan tersebut berisi tinjauan komprehensif mengenai kebijakan luar negeri, keamanan, pembangunan, dan pertahanan Inggris.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id