FBI Diminta Selidiki Dugaan Trump Minta Suara Ekstra di Georgia

    Willy Haryono - 05 Januari 2021 10:03 WIB
    FBI Diminta Selidiki Dugaan Trump Minta Suara Ekstra di Georgia
    Presiden AS Donald Trump. (AFP)
    Washington: Dua anggota Kongres Amerika Serikat dari Partai Demokrat meminta Biro Investigasi Federal (FBI) untuk "segera membuka investigasi kriminal" terhadap petahana Donald Trump yang diduga menekan seorang pejabat negara bagian Georgia untuk "mencarikan" suara ekstra dalam pemilihan umum AS 2020.

    Ted Lieu dan Kathleen Rice telah menuliskan permintaan itu ke Direktur FBI Christopher Wray. Keduanya meyakini Trump telah melakukan sejumlah kejahatan pemilu."

    Dalam sebuah rekaman audio yang dirilis media lokal AS, Trump terdengar mengekspresikan rasa ketidakpercayaannya bahwa dirinya kalah dari Joe Biden di Georgia. Dalam rekaman berdurasi kurang lebih satu jam itu, Trump juga terdengar meminta pejabat Georgia untuk mencarikan dirinya 11.780 suara.

    Lieu dan Rice mengutip sejumlah pasal hukum yang mungkin telah dilanggar Trump. Salah satunya adalah mengenai upaya menghambat berlangsungnya proses pemilu yang adil dan imparsial.

    "Bukti kecurangan oleh Trump kini sudah terang benderang," tulis Lieu dan Rice kepada Wray, dilansir dari laman Sky News pada Selasa, 5 Januari 2021.

    Baca:  Terungkap! Trump Tekan Pejabat Daerah untuk Ubah Hasil Pemilu

    Pria yang dihubungi Trump dalam rekaman audio itu, sekretaris negara bagian Georgia Brad Raffensperger, mengaku enggan menjawab panggilan telepon presiden.

    "Dia (Trump) yang lebih banyak berbicara, sementara kami hanya mendengarkan," tutur Raffensperger, seorang politikus Partai Republik. Menurutnya, data-data yang disampaikan Trump dalam panggilan telepon tersebut sangat tidak akurat.

    "Data yang dimilikinya sangat salah. Dia bilang ada ratusan orang yang sudah meninggal tapi tetap meninggal. Kami hanya menemukan dua," tutur Raffensperger.

    Masih dari sambungan telepon, Trump terdengar menyebutkan rangkaian teori konspirasi yang sudah terbukti tidak benar. Trump juga bahkan mengisyaratkan Raffensperger dapat dijerat secara hukum jika menolak mencarikan ribuan surat suara yang diklaimnya telah dihancurkan secara ilegal di Fulton County.

    Sejauh ini tidak ada bukti yang mendukung klaim Trump mengenai adanya ribuan suara suara yang sudah dimusnahkan di Georgia.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id