Uni Eropa Wacanakan Tolak Pengunjung dari AS

    Willy Haryono - 24 Juni 2020 10:42 WIB
    Uni Eropa Wacanakan Tolak Pengunjung dari AS
    Bendera Uni Eropa. (Foto: AFP)
    Brussels: Negara-negara anggota Uni Eropa mewacanakan menolak pengunjung dari sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat. Wacana dikemukakan para anggota UE di tengah tingginya angka kasus covid-19 di beberapa negara.

    Selain itu, UE juga khawatir karena hingga kini AS masih berada di peringkat pertama dalam hal jumlah infeksi global covid-19.

    "Kriteria (pelarangan masuk) akan difokuskan pada sirkulasi virus tersebut," kata seorang diplomat UE kepada media CNN, Rabu 24 Juni 2020. "UE akan menolak pengunjung dari negara-negara yang sirkulasi virusnya paling aktif," sambung dia.

    Kendati begitu, rekomendasi dari Komisi Eropa nantinya bukanlah sebuah kewajiban. Tiap-tiap anggota UE dapat memutuskan sendiri apakah mereka akan melarang kunjungan warga negara asing atau tidak.

    Saat ditanya apakah AS berada dalam daftar larangan UE, seorang diplomat menyinggung kembali mengenai daftar Komisi Eropa per 11 Juni lalu. Dalam daftar itu terdapat pertanyaan mengenai, "apakah situasi epidemiologi di suatu negara secara umum lebih baik dari rata-rata di wilayah UE."

    Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Rabu ini, total kasus covid-19 di AS telah melampaui 2,3 juta dengan 121 ribu lebih kematian dan 647.548 pasien sembuh.

    Masih dari keterangan seorang diplomat UE, disebutkan bahwa beberapa negara Eropa bahkan sama sekali "enggan membuka kembali perbatasan" karena khawatir akan terjadinya gelombang kedua covid-19.

    Selasa kemarin, media New York Times melaporkan bahwa warga AS mungkin tidak akan bisa bepergian ke blok Eropa saat negara-negara anggota UE mulai membuka kembali perbatasan mereka.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id