Rusia Sebut 'Snapback' AS terhadap Iran Aksi Teatrikal

    Willy Haryono - 21 September 2020 12:31 WIB
    Rusia Sebut 'Snapback' AS terhadap Iran Aksi Teatrikal
    Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)
    Moskow: Rusia mengecam keras deklarasi Amerika Serikat yang secara sepihak menyatakan bahwa sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Iran sudah berlaku kembali. Rusia menilai langkah terbaru AS itu sebagai "aksi teatrikal" dengan bertujuan menyesatkan komunitas internasional.

    Akhir pekan kemarin, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan bahwa sanksi PBB untuk Iran sudah diberlakukan kembali melalui mekanisme bernama "snapback" dari Resolusi 2231.

    Pompeo mengancam adanya "konsekuensi" bagi negara anggota PBB yang menolak mengimplementasikan sanksi Iran.

    "AS terus menyesatkan komunitas internasional dengan berspekulasi bahwa Dewan Keamanan PBB melakukan semacam prosedur dalam mengembalikan efek resolusi UNSC mengenai sanksi Iran, yang sudah dibatalkan usai penandatanganan perjanjian nuklir Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada 2015," ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia, dilansir dari laman ABNA, Senin 21 September 2020.

    "Faktanya adalah, DK PBB tidak melakukan langkah apapun yang dapat berujung pada pemulihan sanksi Iran. Apa yang Washington lakukan hanyalah aksi teatrikal dalam menjadikan DK PBB sebagai bawahan dan alat dalam menerapkan kebijakan 'tekanan maksimal' terhadap Iran," sambungnya.

    Sebelumnya, Moskow telah menyebut deklarasi sepihak Pompeo sebagai sesuatu yang "tidak sah" dan "tidak dapat diterima." Rusia juga menyerukan AS untuk "mengumpulkan keberanian dalam menghadapi kenyataan dan berhenti berbicara mewakili DK PBB."

    "Kita semua sudah mengatakan dengan jelas pada Agustus lalu, bahwa klaim AS mengenai snapback tidaklah sah. Apakah Washington tuli?" tulis Wakil Duta Besar Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy di Twitter.

    Menlu Iran Mohammad Javad Zarif menegaskan bahwa klaim AS atas sanksi terhadap negaranya "tak berdasar." Ia menegaskan tidak ada mekanisme "snapback" dalam Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231 mengenai penerapan kembali sanksi internasional untuk Iran.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id