Venezuela Dakwa Seorang Warga AS dengan Tuduhan Terorisme

    Marcheilla Ariesta - 15 September 2020 14:56 WIB
    Venezuela Dakwa Seorang Warga AS dengan Tuduhan Terorisme
    Ilustrasi tahanan yang diborgol. (Foto: Medcom.id)
    Caracas: Venezuela mendakwa warga Amerika Serikat dengan tuduhan terorisme dan perdagangan senjata. Penangkapan ini dilakukan di tengah situasi kedua negara yang kian memanas.

    Jaksa penuntut umum Tarek Saab mengatakan, Matthew John Heath -- warga AS yang ditangkap di Venezuela pekan lalu -- merencanakan serangan terhadap industri minyak dan sistem daya Venezuela.

    Saab mengatakan, Heath bepergian dengan kendaraan dan membawa semacam 'koin.' Barang itu diduga menghubungkannya dengan Badan Intelijen Pusat AS.

    Namun, dilansir dari Voice of America, Selasa, 15 September 2020, Saab tidak memberikan keterangan lebih rinci terkait hal ini. Ia hanya menyebutkan, ada tiga warga Venezuela yang ditahan bersama Heath, termasuk seorang anggota militer.

    "Anggota militer ini akan dihukum karena melakukan pengkhianatan sehubungan dengan dugaan plot tersebut," imbuh Saab.

    Kementerian Luar Negeri AS belum berkomentar usai dakwaan ini diumumkan.

    Pekan lalu, Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan ada seorang warga AS yang ditangkap di kilang minyak Amuay dan Cardon. Saat ditangkap, ia sedang membawa senjata khusus dan uang tunai dalam jumlah besar.

    Amuay dan Cardon merupakan bagian dari pusat kilang minyak Paraguana, yang dapat memproduksi 971 ribu barel minyak per hari. Keduanya sering mengalami pemadaman listrik dalam beberapa tahun terakhir, yang disebut kubu oposisi diakibatkan mismanajemen dan buruknya perawatan.
     
    Rumor adanya mata-mata AS muncul usai pengadilan Venezuela menjatuhkan vonis 20 tahun penjara ke dua mantan personel Baret Hijau AS bulan lalu. Keduanya dijatuhi vonis atas peran mereka dalam percobaan inkursi ke Venezuela pada Mei lalu.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id