PBB: Dunia Hadapi Krisis Kemanusiaan Terburuk Sejak PD II

    Willy Haryono - 02 Desember 2020 11:39 WIB
    PBB: Dunia Hadapi Krisis Kemanusiaan Terburuk Sejak PD II
    Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: AFP)
    New York: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membutuhkan dana sebesar USD35 miliar (setara Rp494 triliun) untuk merespons krisis kemanusiaan terburuk sejak berakhirnya Perang Dunia II, ucap Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. Pernyataan disampaikan Guterres saat meluncurkan acara 2021 Global Humanitarian Overview.

    "Tahun ini, 2020, menjadi tahun yang sangat berbeda. Konflik, perubahan iklim, dan covid-19 telah menciptakan tantangan kemanusiaan terbesar sejak Perang Dunia II," kata Guterres, dilansir dari laman Tass pada Rabu, 2 Desember 2020.

    "Jumlah orang yang berisiko kelaparan bertambah dua kali lipat. Ratusan juta anak-anak sudah tidak bersekolah. Level kemiskinan ekstrem meningkat untuk kali pertama dalam 22 tahun terakhir," sambungnya.

    Baca:  PBB Sebut Pandemi Covid-19 Krisis Ganda Bagi Warga Miskin

    Guterres mengajak komunitas global untuk membantu mereka yang berada dalam kelompok paling rentan dalam menjalani tahun penuh tantangan ini.

    Uang USD35 miliar yang diserukan Guterres diharapkan dapat dipakai untuk menyalurkan paket bantuan untuk 160 juta orang-orang paling rentan di seluruh dunia.

    Ia juga menekankan pentingnya "membahas akar-akar masalah yang memicu krisis kemanusiaan," yang salah satunya adalah konflik.

    "Saya menyerukan kepada semua pihak untuk mendukung seruan saya menuju gencatan senjata berskala global di akhir 2020," pungkas Guterres.

    Berdasarkan data terbaru Johns Hopkins University pada Rabu ini, total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 63,7 juta dengan 1,4 juta lebih kematian dan 40.956.716 pasien sembuh.

    Amerika Serikat, India, dan Brasil masih menjadi negara teratas dalam jumlah kasus dan kematian akibat covid-19.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id