FBI: Rusia Cari Cara Hentikan Biden Memenangkan Pilpres AS

    Marcheilla Ariesta - 18 September 2020 12:27 WIB
    FBI: Rusia Cari Cara Hentikan Biden Memenangkan Pilpres AS
    FBI tuduh Rusia berupaya halau pemilihan Capres AS dari Partai Demokrat Joe Biden. Foto: AFP
    Moskow: Rusia berusaha membungkam langkah Joe Biden, calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, untuk memenangkan pemilihan presiden 3 November mendatang. Hal ini disampaikan Direktur Biro Investigasi Federal (FBI), Christopher Wray.

    Wray menuturkan Negeri Beruang Merah tengah melakukan upaya untuk menyebarkan perselisihan di AS, terutama untuk menyakiti Biden. Moskow memandang Biden sebagai bagian dari pendiri antiRusia di Amerika.

    "Rusia terus mencoba memengaruhi pemilihan kita. Kami menyebutnya pengaruh asing yang jahat," kata Wray kepada anggota parlemen selama sidang Komite Keamanan Dalam Negeri di DPR AS.

    Penilaian Wray sangat bertentangan dengan Presiden AS Donald Trump yang juga adalah calon presiden petahana. Trump mengatakan apa yang disampaikan Wray sebagai tipuan.

    Namun menurut Wray, Badan Keamanan Nasional AS belum melihat Rusia mencoba masuk ke infrastruktur pemilu seperti yang dilakukan pada 2016. Kala itu, Rusia berhasil meretas basis data pemungutan suara.

    Selain Rusia, Tiongkok termasuk di antara musuh yang mencoba ikut campur dalam kampanye kepresidenan. Wray mengatakan Tiongkok menggunakan cara disinformasi.

    Badan-badan AS sebelumnya memusatkan perhatian pada upaya memerangi pengaruh asing dalam pemilu.

    "Tapi sekarang, FBI memperluas (pencarian) celah peretasan. Kita menghadapi operasi asing yang merusak di Tiongkok, Iran, dan musuh global lainnya," seru dia dilansir dari Sydney Morning Herald, Jumat, 18 September 2020.

    Pemilihan Presiden Amerika Serikat akan dilaksanakan pada 3 November mendatang. Dua kandidat, yaitu Trump sebagai petahana, dan Biden dari Demokrat akan bertarung memperebutkan kursi kekuasaan di negara adidaya tersebut.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id