Macron Minta Dunia Tak Terpengaruh Rivalitas AS-Tiongkok

    Marcheilla Ariesta - 23 September 2020 16:04 WIB
    Macron Minta Dunia Tak Terpengaruh Rivalitas AS-Tiongkok
    Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: AFP)
    Paris: Para pemimpin dunia diminta untuk tidak terpengaruh perebutan kekuasaan Amerika Serikat dan Tiongkok. Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan, harus ada kesepakatan untuk mengatasi tantangan global.

    "Dunia saat ini tidak dapat direduksi hanya mengenai persaingan antara Tiongkok dan Amerika Serikat, terlepas dari bobot dua kekuatan besar ini," kata Macron dalam pidato virtual di Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, dilansir dari Malay Mail, Rabu, 23 September 2020.

    Macron memperingatkan bahwa Eropa harus membangun strategi pertahanan bersama, serta mengurangi aliansi pada teknologi utama yang saat ini dipasok dari AS atau Tiongkok.

    "Ketergantungan penuh pada kekuatan tertentu, yang berkaitan dengan teknologi, makanan atau industri, menciptakan kerentanan yang tidak lagi memungkinkan keseimbangan yang sejalan dengan stabilitas global," tutur Macron kepada PBB.

    Pandemi virus korona (covid-19), katanya, semakin merusak dukungan untuk multilateralisme, dan mendorong kesediaan beberapa negara untuk mengabaikan perintah PBB atau hukum internasional.

    "Suatu hari, pasti akan ada obat untuk pandemi ini. Namun, tidak akan ada obat ajaib untuk kehancuran tatanan kontemporer," ujar Macron.

    Prancis, imbuh Macron, akan bekerja keras untuk memperdalam kemitraan dengan mitra-mitra di PBB untuk memastikan semangat multilateralisme tidak tersapu pandemi covid-19.

    "Tidak ada negara bisa keluar dari cobaan (pandemi) ini sendirian," pungkasnya.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id