Kerusuhan di Chicago Berujung Penjarahan

    Marcheilla Ariesta - 10 Agustus 2020 20:53 WIB
    Kerusuhan di Chicago Berujung Penjarahan
    Kaca toko pecah dan isinya dijarah dalam kerusuhan di Chicago. Foto: AFP.
    Chicago: Kerusuhan berujung penjarahan terjadi di Kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Suara tembakan juga terdengar di kawasan pertokoan di pusat kota.

    Laman Chicago Tribune, Senin, 10 Agustus 2020 melaporkan kerusuhan terjadi di kawasan pusat perbelanjaan Magnificent Mile dan sejumlah daerah lain di pusat kota.

    Juru bicara Kepolisian Chicago, Tom Ahern mengatakan pihaknya tidak mengetahui yang menjadi pemicu kerusuhan. Namun, berdasarkan informasi dari petugas kepolisian di lapangan, terdengar suara baku tembak.

    Kerusuhan terjadi selepas tengah malam. Terlihat sejumlah coretan di dinding yang menyatakan slogan anti-polisi terlihat di lokasi kejadian.

    Beberapa jam sebelumnya, warga di daerah Englewood dilaporkan mengamuk setelah seorang polisi menembak warga sipil. Massa yang marah merusak dan menjarah pertokoan, serta melempari mobil polisi.

    Anggota kepolisian setempat mencoba menenangkan dan membubarkan massa yang berkumpul di tengah kota. Namun, menjelang subuh, tembakan kembali terjadi.

    "Para petugas (kepolisian) telah menghentikan beberapa orang di Lake Street dekat Michigan Avenue, ketika tembakan dilepaskan dari mobil yang lewat, sekitar pukul 4.30 pagi. Hampir lima jam setelah vandalisme meluas," imbuhnya.

    Dia menambahkan tidak ada petugas yang ditembak, namun satu mobil polisi terkena tembak. Ahern menuturkan tidak mengetahui jika ada orang yang tertembak di dalam mobil pria bersenjata itu.

    Penjarahan dimulai tak lama setelah tengah malam, ketika pertokoan dirusak di sepanjang Michigan Avenue. Banyak orang mengambil tas penuh dengan barang dagangan. 

    Polisi juga melakukan 'banyak penangkapan' dan menemukan setidaknya satu senjata. Seorang perempuan dengan hasil jarahan terjatuh di trotoar saat petugas mengejarnya.

    Polisi berhasil mengendalikan keadaan di State Street di Loop dan di Near North Side. Namun, beberapa vandalisme masih berlanjut hingga saat ini.

    Layanan kereta dan bus ke pusat kota dihentikan akibat aksi kerusuhan tersebut. Sementara polisi negara bagian Illinois memblokir jalur landai dari jalan tol.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id