Salon dan Toko di Prancis Mulai Beroperasi Kembali

    Marcheilla Ariesta - 11 Mei 2020 16:09 WIB
    Salon dan Toko di Prancis Mulai Beroperasi Kembali
    Sebuah toko coklat di Toulouse di Prancis beroperasi kembali setelah pembatasan gerak dilonggarkan. Foto: AFP
    Paris: Jutaan orang Prancis kini sudah bisa keluar rumah untuk sekadar mengunjungi toko dan memotong rambut mereka. Per Senin 11 Mei 2020, penguncian akibat virus korona (covid-19) sudah diangkat secara bertahap.

    Prancis memberlakukan penguncian selama delapan pekan sejak 17 Maret lalu untuk memperlambat penyebaran covid-19. Penduduk hanya diperbolehkan belanja kebutuhan penting, bekerja, dan sedikit berolahraga.

    Namun, saat ini toko-toko dan salon rambut sudah dibuka kembali. Masyarakat dapat pergi keluar tanpa menggunakan formulir yang diamanatkan pemerintah, kecuali untuk perjalanan lebih dari 100 kilometer.

    Dilansir dari Straits Times, perjalanan jauh hanya diperbolehkan untuk alasan profesional, pemakaman, atau merawat orang sakit.

    Presiden Prancis Emmanuel Macron memutuskan untuk mengangkat penguncian setelah jumlah pasien dalam perawatan intensif di Negeri Menara Eiffel tersebut menurun drastis. Indikator lain yang menggembirakan adalah penurunan jumlah kematian harian akibat infeksi.

    "Saya ingin mendapat potongan rambut yang baru," kata Danielle Gerard, seorang pelanggan di salon rambut daerah Marais.

    Meskipun toko dan salon sudah dibuka kembali, pemerintah mendesak masyarakat tetap waspada. Pasalnya ada beberapa daerah, termasuk ibu kota Paris tetap masuk zona merah.

    Mereka minta masyarakat untuk tetap menjaga jarak dan tunduk pada pembatasan. Pemerintah juga masih menyarankan seluruh pekerja untuk melakukan pekerjaannya dari rumah saja.

    Tak hanya toko dan salon, Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar juga dibuka hari ini. Sementara mulai besok, anak-anak SD sudah bisa kembali ke ruang kelas mereka.

    Per 11 Mei 2020, jumlah pasien terkonfirmasi covid-19 di Paris mencapai 177.094 orang dengan jumlah kematian 26.383 kasus. Sementara itu, sebanyak 56.327 orang diantaranya dinyatakan sembuh dari virus yang menjadi pandemi global tersebut.



    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id