comscore

Kematian Covid-19 di Brasil Lampaui 600 Ribu

Willy Haryono - 09 Oktober 2021 18:04 WIB
Kematian Covid-19 di Brasil Lampaui 600 Ribu
Keluarga berdoa di makam pasien Covid-19 di Sao Paulo, Brasil, 23 Maret 2021. (Miguel SCHINCARIOL / AFP)
Brasilia: Brasil menjadi negara kedua di dunia yang mencatat total kematian akibat Covid-19 di atas 600 ribu pada Jumat, 8 Oktober. Terlewatinya angka ini terjadi di saat Presiden Brasil Jair Bolsonaro terus mendapat kritik tajam atas penanganan pandemi.

Bolsonaro, seorang tokoh yang skeptis terhadap Covid-19, mendapat kritik dan kecaman dari jajaran pakar kesehatan dan masyarakat Brasil sejak awal pandemi. Ia beberapa kali meremehkan keseriusan Covid-19, dan juga pernah menolak memakai masker atau menerapkan penguncian (lockdown).
Dalam beberapa bulan terakhir, Bolsonaro menghadapi rangkaian aksi protes massa. Para demonstran mengecam keras kebijakan penanganan Covid-19 ala Bolsonaro, dan sebagian dari mereka bahkan menyerukan pemakzulan.

April lalu, komite senat Brasil telah meluncurkan investigasi terkait kebijakan Covid-19 Bolsonaro.

Baca:  Belum Divaksinasi, Presiden Brasil Makan Pizza di Pinggir Jalan New York

Meski angka kematian akibat Covid-19 di Brasil melewati 600 ribu pada Jumat kemarin, ada indikasi infeksi hariannya mulai menurun. Ini terjadi karena otoritas kesehatan Brasil terus menggenjot laju vaksinasi.

Lebih dari 70 persen warga Brasil telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama, sedikit lebih tinggi dari Amerika Serikat di angka 65 persen. Sebelum Brasil, AS sudah terlebih dahulu melewati angka 600 ribu kematian pada Juni lalu.

"Angka penolakan vaksin relatif rendah, membuat negara-negara lain menjadi iri," kata Alexandre Naime Barbosa, kepala epidemiologi dari Sao Paulo State University, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu, 9 September 2021.

"Hal itu sangatlah penting dalam upaya menangani pandemi di Brasil," sambungnya.

Untuk varian Delta, angka kasus dan kematiannya di Brasil terus menurun dalam beberapa pekan terakhir. Kematian akibat varian Delta di Brasil turun 80 persen setelah mencapai puncaknya, 3 ribu kasus per hari, pada April lalu.

Setelah penurunan itu, Brasil tidak lagi menjadi salah satu negara dengan angka kematian harian tertinggi akibat Covid-19.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id