Sindir G7, Tiongkok Tegaskan Grup Kecil Tak Bisa Kuasai Dunia

    Willy Haryono - 13 Juni 2021 18:03 WIB
    Sindir G7, Tiongkok Tegaskan Grup Kecil Tak Bisa Kuasai Dunia
    KTT G7 berlangsung di Carbis Bay, Cornwall, Inggris pada Sabtu, 12 Juni 2021. (AFP)



    London: Tiongkok menegaskan bahwa hari-hari di saat sekelompok "kecil" negara dapat menentukan nasib dunia sudah lama berlalu. Pernyataan disampaikan juru bicara Kedutaan Besar Tiongkok di Inggris saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 berlangsung di Cornwall.

    Dalam pertemuan tersebut, jajaran petinggi G7 menetapkan posisi bersatu dalam menentang pengaruh Tiongkok di level global. Mereka mengadopsi sebuah rencana infrastruktur global dalam menyaingi skema serupa milik Tiongkok.

     



    Sejumlah analis menilai Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertekad menggandeng negara-negara Barat untuk mengambil tindakan cepat dan tepat dalam menangani pengaruh Tiongkok.

    "Hari-hari di saat keputusan global ditentukan sekelompok kecil negara sudah berlalu," ujar jubir Kedubes Tiongkok di London.

    "Kami selalu meyakini bahwa semua negara, baik besar maupun kecil, kuat atau lemah, kaya atau miskin, adalah setara. Urusan isu-isu dunia seharusnya ditangani melalui konsultasi oleh semua negara," sambungnya, dilansir dari laman BBC pada Minggu, 13 Juni 2021.

    Biden menginginkan agar rencana infrastruktur global bernama Build Back Better World (B3W) dapat menjadi alternatif yang kualitasnya lebih tinggi dari program Tiongkok -- Belt and Road Initiative.

    Baca:  G7 Umumkan Rencana Infrastruktur Global untuk Saingi Tiongkok

    Selama ini, AS berulang kali mengkritik Belt and Road Initiative Tiongkok, yang terkadang juga disebut sebagai "diplomasi utang."

    Jajaran petinggi G7 menginginkan agar B3W dapat menjadi kemitraan "berbasis nilai yang berstandar tinggi dan transparan."

    Selain mengenai Tiongkok, G7 juga berkomitmen terhadap sebuah rencana untuk menghentikan pandemi baru di masa mendatang. Salah satu langkah yang akan diambil adalah memangkas waktu pengembangan dan pemberian lisensi vaksin.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id