comscore

WHO: Kasus Cacar Monyet di Eropa Bertambah 3 Kali Lipat

Willy Haryono - 02 Juli 2022 12:40 WIB
WHO: Kasus Cacar Monyet di Eropa Bertambah 3 Kali Lipat
Kepala WHO Eropa Dr Hans Kluge. (Alexander ASTAFYEV / SPUTNIK / AFP)
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa jumlah kasus cacar monyet di benua Afrika telah bertambah tiga kali lipat dalam dua pekan terakhir. WHO pun menyerukan kepada negara-negara Eropa untuk mengambil berbagai tindakan yang diperlukan untuk memastikan cacar monyet tidak semakin meluas.

Kepala WHO Eropa Dr Hans Kluge mengatakan bahwa peningkatan upaya penanganan dan pencegahan cacar monyet diperlukan, meski agensi kesehatan PBB tersebut menyatakan bahwa wabah terkini belum dapat dikatakan sebagai darurat kesehatan global.
"Aksi cepat dan terkoordinasi diperlukan jika kita ingin mengalahkan penyebaran penyakit ini," tutur Kluge, dikutip dari The Tribune, Sabtu, 2 Juli 2022.

Saat ini, terdapat lebih dari 5.000 kasus cacar monyet di 51 negara yang sebenarnya bukan berstatus negara endemi, menurut keterangan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Kluge mengatakan jumlah infeksi cacar monyet di Eropa merepresentasikan sekitar 90 persen dari total kasusnya di kancah global. Ia mengatakan data yang diterima WHO menunjukkan bahwa 99 kasus cacar monyet diidap laki-laki, dengan mayoritasnya adalah mereka yang berhubungan sesama jenis.

Namun Kluge mengatakan bahwa saat ini ada "sekelompok kecil" kasus di kalangan kontak erat di dalam rumah, termasuk anak-anak.

Sebagian besar individu terpapar cacar monyet mengeluhkan gejala ruam, demam, kelelahan, sakit otot, muntah dan menggigil.

Para ilmuwan mengingatkan bahwa risiko penularan cacar monyet berasal dari kontak fisik dengan seseorang yang terinfeksi cacar monyet. Individu yang bersentuhan dengan pakaian atau kain milik pengidap cacar monyet juga berisiko tertular.

Baca:  Bisa Sembuh Sendiri, Ini Gejala Cacar Monyet dari Hari ke Hari

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id