comscore

Cegah Invasi Rusia, NATO Didesak Tambah Pasukan di Baltik

Marcheilla Ariesta - 12 Januari 2022 22:57 WIB
Cegah Invasi Rusia, NATO Didesak Tambah Pasukan di Baltik
Kaja Kallas - AFP PHOTO Raigo Pajula
Tallinn: Negara-negara Baltik tengah membicarakan peningkatan penempatan militer di tanah mereka dengan NATO. Pembicaraan ini guna mencegah invasi Rusia di tempat mereka.

Perdana Menteri Estonia, Kaja Kallas, mengungkapkan pembicaraan dengan NATO tersebut. "Tentu saja kami sedang berdiskusi dengan sekutu kami untuk meningkatkan kehadiran mereka di sini sebagai pencegah," kata Kallas dikutip dari BBC, Rabu, 12 Januari 2022.

 



Rusia mengirimkan pasukan mereka ke perbatasan Ukraina. Karena hal ini, Moskow berbicara dengan NATO yang meminta mereka tidak melakukan invasi ke Ukraina.

Negeri Beruang Merah mulai mengajukan tuntutannya untuk jaminan keamanan di Eropa kepada 30 sekutu NATO di Brussels hari ini.

Estonia, Latvia, dan Lithuania, yang pernah diperintah dari Moskow, telah menjadi anggota NATO dan Uni Eropa sejak 2004. Sejak lama mereka meminta lebih banyak keterlibatan NATO.

"Jika Anda melihat peta, negara-negara Baltik adalah semenanjung NATO dan oleh karena itu kami khawatir," lanjut Kallas.

Juru bicara NATO masih enggan mengomentari prospek penempatan pasukan baru. Sementara itu, seorang diplomat NATO mengatakan masalah pengerahan lebih banyak di Baltik dapat didiskusikan menteri pertahanan kelompok tersebut.

Unit NATO dikerahkan di Lithuania, Latvia, Estonia, dan Polandia setelah Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina pada 2014. Mereka masing-masing memiliki lebih dari 1.000 tentara.

Baca: Pertemuan NATO-Rusia Dimulai, Keamanan Eropa Dipertaruhkan

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id