Inggris Turut Larang Sementara Operasi Boeing 777

    Wahyu Dwi Anggoro - 23 Februari 2021 11:12 WIB
    Inggris Turut Larang Sementara Operasi Boeing 777
    Mesin dari pesawat Boeing 777 milik United Airlines yang terbakar. Foto: CNN
    London: Mengikuti Amerika Serikat dan Jepang, Inggris melarang sementara operasi pesawat Boeing 777 yang dilengkapi mesin Pratt and Whitney 4000-112. Pesawat dengan jenis mesin itu sebelumya mengalami insiden mengerikan pada akhir pekan lalu.

    “Boeing 777 dengan mesin yang sama dengan yang terbakar setelah lepas landas dari Denver akan dilarang untuk sementara memasuki wilayah udara Inggris,” sebut Menteri Transportasi Grant Shapps mengumumkan langkah tersebut di Twitter, seperti dikutip Sky News, Selasa 23 Februari 2021.

    Baca: Boeing Larang Terbang Semua Pesawat Jenis 777 Bermesin Tertentu.

    Kicauan Shapps, yang kemudian digemakan oleh Otoritas Penerbangan Sipil (CAA), menyusul insiden terpisah di Belanda pada Sabtu, ketika mesin pesawat terbakar tak lama setelah lepas landas dari Bandara Maastricht dan seorang wanita terluka akibat puing-puing yang jatuh.

    Mesin dalam kejadian itu, yang sedang diselidiki oleh Dewan Keamanan Belanda, tidak sama dengan mesin yang terbakar di Denver.

    Regulator penerbangan federal AS (FAA) sejak itu memerintahkan United Airlines untuk memeriksa semua penerbangan Boeing 777 yang dilengkapi dengan jenis mesin yang sama. Ini adalah sebuah keputusan yang menurut Boeing telah disetujui.

    Sebelumnya media Jepang melaporkan, Japan Airlines dan All Nippon Airways akan menghentikan pengoperasian seluruh 32 pesawat yang diperkuat dengan mesin itu.

    Dalam sebuah pernyataan, Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (EASA) mengatakan bahwa tidak ada pesawat terdaftar Eropa yang terkena dampak yang saat ini beroperasi.

    "Pesawat yang terkena dampak yang disetujui di bawah otorisasi TCO untuk beroperasi ke Eropa saat ini disimpan atau ditarik keluar sementara dari operasi, menunggu ketersediaan instruksi kelaikan udara lebih lanjut," ucap seorang juru bicara.

    "EASA berhubungan erat dengan Federal Aviation Agency (FAA), yang merupakan otoritas kelaikan udara utama untuk mesin dan jenis pesawat, untuk membahas akar penyebab dan isi dari tindakan korektif yang segera diperlukan,” sebut pernyataannya.

    Baca: Penumpang United Airlines Mengaku Sangat Terguncang.

    Pesawat United Airlines dengan nomor penerbangan 328 terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah lepas landas dari Denver, Colorado pada Minggu 23 Februari 2021. Mesin pesawat yang menuju Hawaii itu meledak dan terbakar dan membuat puing-puingnya jatuh ke daratan.

    Tidak ada korban terluka dalam kejadian ini baik yang berada di pesawat maupun di darat. Para penumpang menyebutkan sangat terguncang dengan kejadian itu.

    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id