Kematian Covid-19 di AS Capai Level Tertinggi Sejak Mei

    Willy Haryono - 21 November 2020 09:21 WIB
    Kematian Covid-19 di AS Capai Level Tertinggi Sejak Mei
    Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: AFP)
    Washington: Situasi seputar pandemi virus korona (covid-19) di Amerika Serikat kian memburuk saat vaksin potensial sudah semakin dalam genggaman. Kini, rata-rata kematian pasien covid-19 di AS mencapai lebih dari 1.300 per hari -- tertinggi sejak Mei lalu.

    Berdasarkan data terbaru otoritas kesehatan AS, total kematian akibat covid-19 di seantero negeri berkisar 254 ribu. Sementara total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di AS telah melampaui 11,8 juta.

    Kamis kemarin, otoritas kesehatan AS mencatat lonjakan hampir 188 ribu kasus harian covid-19. Untuk jumlah pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit AS, angkanya mencapai lebih dari 80 ribu.

    Dilansir dari laman CGTN pada Sabtu, 21 November 2020, kematian covid-19 di AS sempat mencapai puncaknya pada akhir April dan awal Mei, yakni sekitar 2.200 dalam sehari. Kala itu, New York City menjadi episentrum penyebaran covid-19 di AS.

    Dari jajaran petinggi yang terjangkit covid-19, salah satu yang terbaru adalah anak dari presiden AS Donald Trump, Donald Trump Jr.. Juru bicara anak presiden itu mengatakan, Donald Trump Jr. terinfeksi covid-19 walau tidak menunjukkan gejala.

    Jumat kemarin, anak dari Rudy Giuliani, Andrew Giuliani yang merupakan ajudan Gedung Putih, mengumumkan via Twitter bahwa dirinya terinfeksi covid-19. Ajudan dari Wakil Presiden Mike Pence, Hannah McInnis, juga dinyatakan positif terinfeksi covid-19 bulan ini.
     
    Beberapa ajudan Pence juga telah terjangkit covid-19, termasuk juru bicara dan kepala staf. Sejauh ini, Pence dan istrinya tidak terinfeksi virus tersebut.

    Sementara mengenai vaksin, perusahaan Pfizer sudah mengajukan proposal penggunaan darurat ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA). Kini FDA harus memutuskan apakah vaksin covid-19 buatan Pfizer itu sudah aman digunakan masyarakat atau belum.

    Pemerintahan AS mengestimasi vaksin covid-19 sudah akan tersedia untuk masyarakat luas pada paruh pertama Desember 2020.

    Baca:  Anak Trump Diisolasi usai Positif Covid-19

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id