comscore

Ekuador Deklarasikan Status Darurat Terkait Aksi Protes Masyarakat Adat

Willy Haryono - 18 Juni 2022 12:15 WIB
Ekuador Deklarasikan Status Darurat Terkait Aksi Protes Masyarakat Adat
Masyarakat adat Ekuador berunjuk rasa mendesak penurunan harga BBM. (AFP / Cristina Vega RHOR)
Quito: Presiden Ekuador Guillermo Lasso mendeklarasikan status darurat di tiga provinsi pada Jumat malam, 17 Juni 2022, dalam merespons aksi unjuk rasa masyarakat adat yang mendesak penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Demonstrasi semacam itu terkadang berujung ricuh.

"Saya berkomitmen untuk menjaga ibu kota dan negara kita," kata Lasso dalam sebuah pidato di televisi, dikutip dari laman AFP.
Satu dari tiga provinsi tempat berlakunya status darurat adalah ibu kota Quito. Lewat status darurat ini, seorang presiden dapat mengerahkan angkatan bersenjata untuk menjaga ketertiban, menangguhkan hak sipil dan mendeklarasikan aturan jam malam.

Masyarakat adat di Ekuador, berjumlah sekitar 1 juta dari total populasi 17,7 juta, meluncurkan aksi protes anti-pemerintah pada Senin kemarin. Sejak saat itu hingga kini, demonstrasi tersebut juga diikuti mahasiswa, pekerja dan kelompok lainnya.

Para pengunjuk rasa telah memblokade berbagai ruas jalan di seantero Ekuador, termasuk jalan raya menuju Quito.

Bentrokan antara pedemo dan aparat keamanan di sejumlah wilayah di Ekuador telah melukai sekitar 43 orang. Ketegangan juga berujung pada penangkapan 37 orang.

Untuk meredam kemarahan masyarakat akar rumput, Lasso mengumumkan peningkatan subsidi bagi kelompok termiskin di negaranya. Ia juga mengumumkan sebuah program untuk meringankan utang bagi mereka yang meminjam ke bank pemerintah.

Ekuador, salah satu negara penghasil minyak, telah dihantam inflasi, pengangguran dan kemiskinan yang diperburuk pandemi Covid-19.

Baca:  Ekuador Terapkan Status Darurat dalam Perang Melawan Kejahatan

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id