comscore

8 Dugaan Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Prancis

Willy Haryono - 29 November 2021 10:31 WIB
8 Dugaan Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Prancis
Pemandangan salah satu sudut kota Paris, Prancis. (AFP)
Paris: Kementerian Kesehatan Prancis mendeteksi delapan dugaan kasus varian Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron pada Minggu, 28 November 2021. Pengumuman disampaikan di saat Pemerintah Prancis memperketat berbagai aturan Covid-19 dalam upaya menghalau Omicron.

Ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai "variant of concern" pada Jumat pekan kemarin, Omicron berpotensi lebih menular dari varian-varian lainnya, meski para pakar belum dapat memastikan hal tersebut.
Varian Omicron pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pekan lalu, dan saat ini sudah terkonfirmasi di sejumlah negara.

Baca:  Kanada Deteksi 2 Kasus Perdana Varian Omicron di Ottawa

"Delapan orang diasumsikan telah terkontaminasi varian Omicron karena pernah berada di Afrika dalam 14 hari terakhir," kata Kemenkes Prancis, dilansir dari NDTV, Senin, 29 November 2021.

Otoritas kesehatan Prancis masih menjalankan serangkaian tes untuk memastikan kedelapan individu itu terinfeksi Omicron atau tidak. Selama proses ini berlangsung, mereka semua tengah menjalani isolasi.

Menkes Prancis Olivier Veran sebelumnya mengatakan kepada awak media di pusat vaksinasi di Paris bahwa pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin dalam membendung penyebaran varian Omicron.

Ia mengatakan setiap individu yang menjadi pernah berada dekat dengan orang terduga terinfeksi Omicron harus menjalani isolasi. Hal ini juga berlaku bagi individu yang telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Sebelum pernyataan terbaru Veran, kontak dekat dari individu terinfeksi Covid-19 di Prancis hanya diwajibkan menjalani isolasi apabila belum menjalani vaksinasi lengkap atau memiliki imunitas tubuh yang relatif lemah.

Kemunculan varian Omicron telah membuat sejumlah negara memberlakukan larangan perjalanan, terutama terhadap Afsel sebagai lokasi pertama terdeteksinya Omicron. Beberapa tetangga Afsel juga menjadi subjek larangan penerbangan negara-negara dunia.

Prancis telah menutup semua penerbangan dari negara-negara di Afrika bagian selatan hingga 1 Desember mendatang. Protokol kesehatan dari individu yang datang dari pulau La Reunion dan Mayotte juga diperketat terkait kekhawatiran penyebaran Omicron.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id