Inggris Segera Tangguhkan Perjanjian Ekstradisi Hong Kong

    Willy Haryono - 21 Juli 2020 13:25 WIB
    Inggris Segera Tangguhkan Perjanjian Ekstradisi Hong Kong
    Menlu Inggris Dominic Raab. (Foto: AFP)
    London: Pemerintah Inggris akan menangguhkan perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong "sesegera dan secepat mungkin." Mengumumkan langkah tersebut pada Senin 20 Juli, Menteri Luar Negeri Dominic Raab menegaskan bahwa Inggris "menginginkan hubungan yang positif" dengan Tiongkok.

    Namun ia mengatakan bahwa penerapan Undang-Undang Keamanan Nasional di Hong Kong oleh Tiongkok merupakan "pelanggaran serius" terhadap obligasi internasional Beijing di kancah global.

    Kubu oposisi di Inggris, Partai Buruh, mengaku akan mendukung langkah pemerintah. Oposisi menyebut rencana penangguhan perjanjian ekstradisi Hong Kong ini sebagai "sebuah langkah ke arah yang benar."

    Perjanjian ekstradisi antara Inggris dan Hong Kong mengatur mengenai kasus kriminal. Jika seseorang di Hong Kong dicurigai telah berbuat kejahatan di Inggris, maka London dapat meminta Hong Kong untuk mengekstradisinya -- hal ini juga berlaku sebaliknya

    Inggris khawatir perjanjian ekstradisi ini -- yang sudah berlaku selama lebih dari 30 tahun -- dapat membuat seseorang yang diekstradisi dari Inggris ke Hong Kong akan berakhir di Tiongkok. Salah satu poin dalam UU Keamanan Nasional adalah mengenai kemungkinan dipindahkannya seorang tersangka kasus kriminal dari Hong Kong ke Tiongkok.

    Raab juga mengonfirmasi bahwa Inggris akan memperluas embargo senjatanya ke Hong Kong. Embargo ini meliputi senjata api, granat asap, dan juga borgol.

    Merespons Inggris, Tiongkok menuding London telah melakukan "intervensi brutal" terhadap urusan dalam negeri. Tiongkok berkukuh UU Keamanan Nasional Hong Kong tidak melanggar aturan internasional.

    Tiongkok bertekad akan melakukan "respons tegas" jika Inggris benar-benar menangguhkan perjanjian ekstradisi.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id