Penumpang Positif Korona, Dua Kapal Pesiar di Chile Dikarantina

    Willy Haryono - 15 Maret 2020 14:30 WIB
    Penumpang Positif Korona, Dua Kapal Pesiar di Chile Dikarantina
    Penumpang pesawat mengenakan masker dalam mengantisipasi virus korona covid-19 di Bandara Internasional Arturo Merino Benitez di Santiago, Chile, 14 Maret 2020. (Foto: AFP)
    Santiago: Chile mengkarantina lebih dari 1.300 orang di dua kapal pesiar. Karantina dilakukan setelah seorang warga Inggris di salah satu kapal pesiar tersebut dinyatakan positif terjangkit virus korona covid-19.

    Dikutip dari Guardian, Minggu 15 Maret 2020, dua kapal pesiar tersebut dikarantina saat sedang berlayar di perairan Patagonia, Chile.

    Seorang penumpang yang dinyatakan positif adalah pria berusia 85 tahun asal Inggris. Ia memperlihatkan gejala covid-19 usai turun dari kapal pesiar Silver Explorer di pelabuhan Caleta Tortel, sekitar 2.400 kilometer dari Santiago.

    Ia kemudian dibawa ke sebuah rumah sakit di kota Coyhaique. Di sana, ia dinyatakan positif terjangkit covid-19.

    Chile telah menerapkan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran virus korona, di antaranya melarang acara yang melibatkan lebih dari 500 orang; merekomendasikan bekerja dari rumah; dan memerintahkan karantina 2.600 siswa di sebuah sekolah elite di Santiago.

    Sejauh ini, berdasarkan data dari situs pemantau Johns Hopkins CSSE, terdapat 61 kasus terkonfirmasi korona di Chile. Chile merupakan satu dari sejumlah negara di Amerika Latin yang terkena dampak covid-19.

    Amerika Latin telah menerapkan langkah-langkah pencegahan korona, seperti melarang pendatang dari negara-negara terdampak dan membatalkan sejumlah ajang olahraga.

    Argentina, Kolombia, dan Peru telah mengumumkan bahwa pendatang dari Tiongkok, Italia, Spanyol, dan Prancis, akan diisolasi selama dua pekan. Dampak korona di Amerika Latin tidak separah benua Eropa, yang telah disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai pusat pandemi covid-19.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id