Peru Tunjuk Presiden Ketiga Kurang dari Sepekan

    Willy Haryono - 17 November 2020 06:34 WIB
    Peru Tunjuk Presiden Ketiga Kurang dari Sepekan
    Francisco Sagasti menjadi presiden interim Peru usai mundurnya Manuel Merino. (AFP)
    Lima: Kongres Peru telah memilih Francisco Sagasti sebagai presiden interim baru usai Manuel Merino mengundurkan diri. Sagasti menjadi presiden ketiga yang memimpin Peru dalam kurun waktu kurang dari sepekan.

    Pekan kemarin, Kongres Peru memakzulkan Martin Vizcarra dari kursi kepresidenan. Merino kemudian menjadi presiden interim, namun mengundurkan diri usai tewasnya dua demonstran dalam aksi protes menentang pemakzulan Vizcarra.

    Baca:  Dua Orang Tewas dalam Aksi Protes Pro-Demokrasi di Peru

    Sagasti menjadi presiden interim usai mendapat 60 suara minimal dari anggota Kongres. Ia merupakan politikus dari satu-satunya partai yang menentang pemakzulan Vizcarra pekan lalu.

    "Hal utama bagi Peru saat ini adalah meraih stabilitas agar mimpi buruk ini dapat segera berakhir," kata seorang anggota Kongres Peru bernama Alberto de Belaunde, dikutip dari laman BBC pada Selasa, 17 November 2020.

    Merino mundur usai mendapat desakan dari demonstran dan juga sejumlah politisi Peru. Bagi banyak warga Peru, pemakzulan Vizcarra dipandang sebagai sebuah kudeta politik.

    Meski sudah dimakzulkan, Vizcarra masih tetap menjadi tokoh populer di Peru. Ia mengaku menerima proses pemakzulan dan tidak berencana melakukan perlawanan apapun.

    Sebagian besar aksi protes di Peru berlangsung damai, namun biasanya berubah menjadi ricuh pada malam hari. Sabtu kemarin, sekelompok demonstran bentrok dengan aparat keamanan, yang berujung pada terlukanya sejumlah orang.

    Krisis politik di Peru dipastikan mempersulit upayab pemulihan sektor perekonomian yang hancur terdampak pandemi covid-19.

    Peru telah menerapkan kebijakan penguncian (lockdown) terketat di Amerika Latin untuk menghentikan penyebaran covid-19. Namun hingga kini, tambahan jumlah kasusnya masih relatif tinggi.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id