‘Kudeta’ di Kedubes Myanmar, Inggris Kecam Intimidasi Junta

    Fajar Nugraha - 09 April 2021 11:38 WIB
    ‘Kudeta’ di Kedubes Myanmar, Inggris Kecam Intimidasi Junta
    Duta Besar Kyaw Zwar Minn sebelumnya menyerukan pembebasan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi. Foto: AFP



    London: Inggris mengutuk ‘intimidasi’ oleh junta Myanmar setelah Duta Besar Myanmar untuk London digulingkan dalam kudeta diplomatik. Duta Besar Kyaw Zwar Minn sebelumnya menyerukan pembebasan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi yang digulingkan junta dalam kudeta.

    Diplomat yang setia kepada otoritas militer Myanmar menguasai kedutaan pada Rabu, membuat Dubes Kyaw Zwar Minn terkunci di jalan.






    Baca: Dubes Myanmar di Inggris Diusir Atase Militer dari Kedutaan.

    Dubes Minn mengatakan, atase pertahanan telah mengambil alih misi perwakilan Myanmar tersebut dalam ‘semacam kudeta’, dua bulan setelah militer merebut kekuasaan di Myanmar. Sang dubes pun mendesak masyarakat internasional untuk membantu negaranya.

    "Tolong bantu negara kami dan bantu negara kami karena tanpa bantuan internasional kami tidak akan bisa keluar dari kekacauan ini," katanya kepada wartawan di luar kedutaan, seperti dikutip AFP, Jumat 9 April 2021.

    Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab tweet dukungannya untuk duta besar, yang menghabiskan malam di mobilnya di luar kedutaan.

    "Kami mengutuk tindakan intimidasi rezim militer Myanmar di London kemarin, dan saya memberi penghormatan kepada Kyaw Zwar Minn atas keberaniannya," tulis Raab.

    "Inggris terus menyerukan diakhirinya kudeta dan kekerasan yang mengerikan, dan pemulihan demokrasi yang cepat,” jelasnya.

    Sumber Inggris mengatakan pihak berwenang Myanmar telah memberikan pemberitahuan resmi pemutusan hubungan kerja Kyaw Zwar Minn sebagai duta besar, dan sejalan dengan kebijakan diplomatik, pemerintah tidak punya pilihan selain menerimanya.

    Atase pertahanan telah melantik wakil duta besar Chit Win sebagai kuasa hukum.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id